Setelah Cupang, Giliran Arwana yang (Kembali) Gemilang

loading...
Setelah Cupang, Giliran Arwana yang (Kembali) Gemilang
Ikan arwana jenis Golden Red yang dijual Sujoni di Toko Ikan Hias Cendana, Alternatif Cibubur, Bekasi. Foto/Rina Anggraeni
JAKARTA - Memasuki Tahun Baru 2021 , tren ikan cupang ternyata masih tetap gemilang. Bahkan, mengikuti sukses cupang, beberapa jenis ikan hias lainnya ditengarai mulai jadi buruan para pehobi.

Salah satunya adalah ikan arwana yang kini kembali banyak dicari oleh para pecinta ikan hias eksotis. Arwana terbilang salah satu ikan hias yang cukup populer sejak dulu. Siapa sangka, di tengah pandemi ini, ikan anggun bak naga air tersebut kembali diburu.

(Baca Juga: Pameran Ikan Cupang di Mal Digandrungi Warga Depok)

Salah satu pedagang ikan hias di bilangan Alternatif Cibubur, Sujoni, mengatakan bahwa ikan arwana banyak dicari walaupun harganya relatif mahal. Ikan hias satu ini memiliki beragam jenis dan harga.

Salah satu yang paling dicari, kata pemilik Toko Ikan Hias Cendana tersebut adalah jenis Golden Red. Sesuai namanya, arwana jenis ini berwarna merah cemerlang keemasan. Untuk harganya, arwana jenis ini bisa dijual hingga Rp10 juta per ekor.

"Arwana yang saat ini banyak dicari sih. Kemarin banyak yang cari arwana golden red karena kan eksotis warnanya. Kadang stoknya habis karena kan kita pasokannya dari Kalimantan," kata Sujoni kepada SINDOnews, Jumat (1/1/2021).



(Foto: Permintaan Ikan Hias Meningkat di Masa Pandemi)

Sujoni bercerita, keuntungan menjual ikan arwana ini cukup lumayan. Dia bisa mendulang keuntungan Rp3 juta per hari dari arwana saja. Hal inilah yang menurutnya membuat bisnis ikan hiasnya tetap tumbuh positf.

"Untungnya lumayan, tergantung jenis ikan arwananya. Bisa Rp1 juta bisa Rp3 juta, atau bahkan Rp5 juta untungnya per hari. Karena pecinta ikan hias itu gampang, kalau tertarik ya mereka beli," bebernya.

(Baca Juga: Melongok Bisnis Ikan Arwana yang Kian Moncer di Tengah Pandemi Covid-19)



Selain ikan arawana yang laris manis, Sujoni mengatakan ikan lohan, ikan koi dan guppy juga tengah laris, seperti ikan cupang yang juga masih dicari. Namun, keuntungan dari ikan-ikan hias kecil ini memang tak terlalu besar.

Menurut dia, ikan guppy dijual hanya Rp6.000 per ekor. Sedangkan cupang puluhan hingga ratusan ribu per ekor tergantung jenisnya. Sedangkan ikan lohan dihargai Rp300 ribu per ekor dan koi bisa Rp600 ribu per ekor.

(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top