Gandeng Tani Hub, BRI Agro Perluas Pasar di Sektor Pertanian

Kamis, 07 Januari 2021 - 05:00 WIB
loading...
Gandeng Tani Hub, BRI Agro Perluas Pasar di Sektor Pertanian
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bekerja sama dengan Tani Hub, BRI Agro akan menggunakan pendekatan digital demi memperluas pasar, khususnya di sektor pertanian .Proyek kerja sama itu dinamakan Indonesia Tani.

Direktur Teknologi dan Operasi BRI Indra Utoyo berharap program ini akan memudahkan akses pembiayaan bagi petani, mempermudah akses penjualan sarana produksi dan hasil pertanian, dan memperbaiki masalah supply chain di industri pertanian dengan pendekatan digital.

“Diharapkan Indonesia Tani menjadi katalis untuk memajukan industri pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani," ujar Indra di Jakarta, Rabu (6/1/2021). ( Baca juga:Dukung Ketahanan Pangan, BNI Uji Coba Smartfarming di 5 Provinsi )

Sinergi yang siap dilakukan nantinya seperti pembiayaan untuk petani dari BRI Agro melalui TaniFund, pembuatan digital marketplace pertanian dan berbagai inisiatif lainnya.

Direktur Utama BRI Agro Ebeneser Girsang mengatakan kinerja penyaluran kredit BRI Agro hingga September 2020, mayoritas atau 55% disalurkan untuk agribisnis. "Kami satu-satunya bank di Indonesia yang fokus untuk agribisnis. Selain itu kami didukung BRI dengan teknologi digital perbankan untuk mengakselerasi industri agribisnis Indonesia," kata Ebeneser dalam kesempatan sama.

Dia mengakui TaniHub Group adalah partner yang tepat karena telah melihat inovasi dan pengalamannya sebagai perusahaan agri-tech yang sudah berdiri sejak tahun 2016. Melalui kolaborasi ini, diharapkan BRI Agro yang merupakan bagian dari BRI Group dapat meningkatkan layanan dan produk digitalnya bersama Tanihub Group untuk terus memperluas inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat.

“Kolaborasi ini merupakan wujud nyata kerja sama antara BRI Agro sebagai institusi perbankan dan Tanihub Group sebagai Start-Up dan Fintech, untuk terus mendukung pelaku UMKM khususnya agribisnis di Indonesia,” tambah Ebeneser.

CEO TaniHub Group Ivan Arie Sustiawan mengatakan kolaborasi ini akan berdampak besar dalam peningkatan kesejahteraan petani Indonesia. “Petani tidak perlu lagi khawatir untuk masalah terbesar mereka, yakni akses permodalan. Bahkan dengan ekosistem TaniHub Group, para petani juga mendapatkan jaminan pasar,” jelas Ivan. ( Baca juga:Status Siaga, Gunung Merapi Kembali Muntahkan Lava Pijar )

Dia menambahkan, belajar dari pengalaman tahun 2020, pertanian Indonesia mengalami pertumbuhan dibandingkan dengan sektor lain yang mengalami kontraksi karena pandemi sejak Maret 2020. Sektor pertanian terbukti memiliki peran besar dalam pemulihan ekonomi Indonesia.

"Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat turut serta dalam memulihkan perekonomian Indonesia,” jelas Ivan.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)