Cuan, Cuan, Cuan, Lipat Gandakan dengan Fasilitas Margin Trading MNC Sekuritas!

Jum'at, 15 Januari 2021 - 09:48 WIB
loading...
Cuan, Cuan, Cuan, Lipat Gandakan dengan Fasilitas Margin Trading MNC Sekuritas!
Keterbatasan dana untuk membeli saham saat pasar saham sedang bullish dapat menjadi salah satu faktor yang menghalangi investor dalam meraup keuntungan dari pasar modal. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Keterbatasan dana untuk membeli saham saat pasar saham sedang bullish dapat menjadi salah satu faktor yang menghalangi investor dalam meraup keuntungan dari pasar modal. Namun, hal ini dapat diatasi dengan solusi fasilitas margin trading.

MNC Sekuritas sebagai unit usaha dari MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group, menyediakan fasilitas ini untuk nasabah. Singkatnya, fasilitas margin trading memungkinkan nasabah untuk menambah modal dalam membeli saham dengan dana talangan dari sekuritas. (Baca: Nama Besar MNC Sekuritas, Investor Cerdas Wajib Tahu 5 Hal Ini!)

"Fasilitas margin trading ini bisa menjadi solusi bagi nasabah yang ingin memperbesar peluang keuntungannya dengan modal lebih besar meskipun dana di tangan terbatas," kata Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas Thomas Darmawan.

Dia juga menyarankan agar fasilitas ini dimanfaatkan oleh investor yang sudah berpengalaman di pasar modal, karena selain potensi keuntungan, juga ada risiko yang harus ditanggung.

Dipaparkan lebih lanjut, sama halnya dengan syarat pengajuan hutang yang berlaku pada umumnya, nasabah wajib memiliki jaminan barang atau aset. Dalam penggunaan margin trading, nasabah menggunakan efek yang dimiliki sebagai jaminan ke perusahaan sekuritas. (Baca juga: Vaksin Covid Bikin Pemulihan Ekonomi Global)

Menurut Thomas Darmawan, tidak semua saham maupun obligasi dapat dijadikan jaminan pada transaksi margin. Jaminan yang memenuhi kriteria adalah saham-saham yang dapat ditransaksikan secara margin serta Surat Berharga Negara (SBN) yang daftarnya tercantum di situs Bursa Efek Indonesia.

Untuk memperjelas margin trading, dapat disimak ilustrasi berikut ini. Budi ingin membeli 1.000 lembar saham ABCD seharga Rp30.000 per lembar. Artinya, Budi harus menyiapkan dana sebesar Rp30 juta untuk transaksi tersebut. Ketika harga saham ABCD naik menjadi Rp40.000, maka keuntungan yang didapat adalah sebesar Rp10 juta.

Jika transaksi tersebut menggunakan fasilitas margin trading, keuntungannya bisa berlipat ganda. Misalnya, Budi dapat melakukan pembelian saham ABCD di harga Rp 30.000 sebanyak 1.500 lembar, dengan rincian Rp30 juta menggunakan dana di RDI dan Rp15 juta menggunakan fasilitas margin trading. (Baca juga: Peneliti Tercengang, Ternyata Ular Bisa Memanjat dengan Cara Tak Lazim)

Jika harga saham naik menjadi Rp40.000, maka keuntungan yang didapat menjadi lebih besar, yaitu Rp15 juta. Namun, jika harga saham turun, maka risiko yang ditanggung juga akan menjadi lebih besar, karena jumlah saham yang dibeli menggunakan margin lebih banyak.

Keuntungan Margin Trading
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3552 seconds (0.1#10.140)