Jalan Panjang Menuju UMKM Melek Digital Perbankan

Minggu, 31 Januari 2021 - 17:41 WIB
loading...
A A A
UMKM ini yang telah memanfaatkan platform digital, tidak hanya melalui e-commerce , namun juga yang bergabung di aplikasi Gojek , Grab dan lainnya dalam memasarkan produknya,” Malik menjelaskan.
Jalan Panjang Menuju UMKM Melek Digital Perbankan

2021, Tahun Melek Digital

Malik menargetkan, tahun ini jumlah UMKM yang melek digital bisa meningkat jadi 10 persen, atau sekitar 120.000 dari total 1,2 juta unit UMKM di Sulsel. Maka itu, tahun 2021 dicanangkan pemerintah Sulsel sebagai tahun UMKM Sulsel melek digital.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan melakukan kolaborasi, yaitu menggandeng berbagai pihak untuk bersama-sama membantu UMKM di Sulsel. "Jadi kita harus berkolaborasi, tidak bisa kerja sendiri, karena memajukan UMKM adalah tanggung jawab bersama," kata Malik Faisal.



Dinas Koperasi dan UKM Sulsel bermitra dengan banyak lembaga dan perusahaan untuk mendorong UMKM naik kelas dan bisa melek digital. Beberapa di antaranya adalah Bank Indonesia , asosiasi UMKM, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel , perusahaan provider hingga platform digital.

Menurut Malik, pandemi Covid-19 semakin memperjelas transformasi model bisnis, di mana memasarkan produk dan membuka akses pasar bagi produk UMKM harus memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Kita dorong ( UMKM ) ke e-commerce , salah satu pembekalan agar bersahabat dengan teknologi agar bisa memasarkan produk secara digital," ujarnya.

Salah satu program yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Sulsel adalah kerja sama dengan provider untuk memperkuat infrastruktur jaringan di pelosok sehingga mendukung UMKM yang hendak memasarkan produk dan melakukan transaksi secara digital.



Selain itu, bagi UMKM Sulsel yang onboarding dan sukses bertransformasi ke sistem digital, pemerintah telah menyiapkan hadiah atau reward berupa kuota gratis selama sebulan. Sehingga UMKM yang baru saja memanfaatkan sistem digital tidak lagi terbebani dengan biaya pembelian kuota.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3056 seconds (0.1#10.140)