Lakukan Evaluasi, Menteri ESDM Lantik 31 Pejabat Baru

Selasa, 02 Februari 2021 - 07:08 WIB
loading...
Lakukan Evaluasi, Menteri ESDM Lantik 31 Pejabat Baru
foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melantik 31 orang pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kementerian ESDM .

Dalam sambutannya, Arifin menyampaikan bahwa pelantikan dan rotasi jabatan ini dilakukan dalam rangka penataan dan penyegaran organisasi di Kementerian ESDM. Selain itu juga untuk peningkatan kinerja organisasi serta percepatan program-program strategis Kementerian ESDM. ( Baca juga:Khusus Gasifikasi, Royalti Batu Bara Bisa Nol Persen )

"Saat ini masih di awal tahun 2021, waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi kinerja sektor energi dan sumber daya mineral, karena pengelolaan energi dan sumber daya mineral diharapkan menjadi penggerak dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat yang erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi," ujar Arifin, Senin (1/2/2021).

Arifin melanjutkan, pada tahun 2021 ini Kementerian ESDM memiliki beberapa program strategis yang menjadi prioritas kebijakan di sektor ESDM. Di bidang migas, tahun ini pemerintah akan kembali membangun infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga dan pembagian paket konverter kit BBM ke BBG untuk nelayan dan petani. Di bidang minerba, percepatan pembangunan smelter dan penyusunan kebijakan percepatan peningkatan nilai tambah batu bara.

Adapun di bidang ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan dan konservasi energi (EBTKE), pemerintah akan memfokuskan ke pembangunan infrastruktur pembangkit listrik, transmisi listrik, gardu induk dan pengembangan smart grid. "Kita juga mendorong pemanfaatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan kompor induksi listrik," jelasnya.

Sementara di bidang geologi, modernisasi peralatan sistem mitigasi bencana geologi dan pengembangan pusat informasi geologi akan menjadi perhatian utama Kementerian ESDM.

Arifin pun meminta kepada seluruh jajaran pimpinan sektor ESDM untuk terus meningkatkan kinerja dan sinergi serta membuat terobosan program dan kebijakan agar program strategis yang ditargetkan tahun ini dapat tercapai dengan baik.

"Saya minta kepada seluruh jajaran Kementerian ESDM untuk meningkatkan kinerja dan sinergi serta membuat terobosan, agar target program strategis tersebut dapat tercapai, karena kinerja Kementerian ESDM akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," tegas Arifin. ( Baca juga:RI Desak Semua Pihak di Myanmar Tahan Diri, Selesaikan Masalah Lewat Dialog )

Adapun 31 Pejabat Tinggi Pratama KESDM terdiri dari 25 (dua puluh lima) orang pejabat pimpinan tinggi pratama yang mengalami rotasi, 1 (satu) orang pejabat pimpinan tinggi pratama hasil seleksi terbuka, satu orang Direktur Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung, satu orang pejabat fungsional penyelidik bumi ahli utama dan tiga orang pimpinan SKK Migas.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)