Cara UMKM Manfaatkan Teknologi untuk Berdayakan Komunitas di Surabaya dan Makassar

Jum'at, 19 Februari 2021 - 09:59 WIB
loading...
A A A
Cara UMKM Manfaatkan Teknologi untuk Berdayakan Komunitas di Surabaya dan Makassar


Pada bulan pertama Cieny mampu membukukan omzet besar dengan kenaikan hingga 100%. Demikian pula di bulan kedua, mendapatkan kenaikan sampai 200%, sampai kemudian pada bulan keempat sebagai Restoran Pilihan, Sego Sambal Cak Brewok mampu menghasilkan omzet 300% lebih tinggi dibanding pertama kali membuka usaha.

Seiring dengan meningkatnya omzet dan permintaan, Cieny juga menambah karyawan. Sekarang usahanya telah mempekerjakan 11 karyawan. Sebelum bergabung sebagai Restoran Pilihan, dia hanya mempekerjakan 5 orang. Dia merasa senang bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Ajak Pedagang Kaki Lima Naik Kelas dengan Teknologi
Aiola Eatery salah satu bisnis yang memberanikan diri membanting setir merubah wujud dari bisnis clothing line menjadi bisnis kuliner. Aiola Eatery sebuah restaurant berdiri sejak tahun 2010 ini memiliki dua area makan yang tak pernah berubah, outdoor dan indoor.

Manager Aiola Eatery Julyanto Adrianes menceritakan, mulanya Aiola Eatery berangkat dari Aiola Clothing Line. Awalnya, Aiola bergerak di bisnis distro pada tahun 2008. Setelah berjalan hampir 2 tahun, saat itu bisnis clothing di Indonesia sedang dalam kondisi perang harga yang sangat ketat. Tentu hal ini berimbas pada bisnis Aiola yang kemudian collapse dan memutuskan untk ditutup untuk istirahat. Di sisi lain, pihaknya terus mencoba menjelajah bisnis lainnya.

“Setelah riset-riset akhirnya menemukan bisnis makanan ini. Bisnis makanan kan juga tidak akan pernah berhenti, karena makan menjadi kebutuhan pokok. Akhirnya memutuskan membuat pujasera,” ujarnya.

Aiola Clothing Line kemudian diubah menjadi bisnis kuliner Aiola Eatery. Saat itu waktunya terjadi bersamaan dengan pemerintah Kota Surabaya yang saat itu tengah gencar membersihkan jalanan kota Surabaya, sehingga pedagang kaki lima (PKL) terkena imbasnya.

“Banyak dari mereka yang akhirnya ditertibkan. Kemudian ini memberi ide kami, oh yaudah kami mulai ajak yang terdekat dengan lokasi Aiola untuk bergabung. Akhirnya seperti mie pitik dan gado-gado ini karena mereka juga kena penertiban, kami ajak mereka untuk bergabung di sini. Mereka bisa berjualan dengan tenang tanpa takut ditertibkan. Setelah itu, tenant-tenant mulai masuk satu-persatu,” tuturnya.

Cara UMKM Manfaatkan Teknologi untuk Berdayakan Komunitas di Surabaya dan Makassar


Aiola Eatery membujuk PKL untuk bergabung meskipun tak mudah, namun seiring berjalannya waktu, setelah merasakan sendiri nikmatnya berjualan dengan nyaman dan tetap dapat keuntungan, PKL yang ingin masuk pun membludak. Dengan konsep bagi hasil setiap porsinya, PKL cukup menyediakan makanan saja. Sedangkan alat makan, dan minuman semua dari pihak Aiola Eatery.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)