Petuah Menteri Budi Soal Vaksinasi: Jangan Merasa Seperti Superman

Rabu, 17 Maret 2021 - 14:08 WIB
loading...
Petuah Menteri Budi Soal Vaksinasi: Jangan Merasa Seperti Superman
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta kepada masyarakat yang telah menyelesaikan vaksinasi untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Meskipun sudah divaksin, kemungkinan untuk terkena Covid masih ada.

Budi pun berharap masyarakat yang sudah menyelesaikan vaksinasi untuk bertindak tidak seperti layaknya Superman. Misalnya dengan bepergian tanpa menggunakan masker atau tidak menjaga jarak. ( Baca juga:Menkes Sebut Belum Ada Bukti Mutasi B117 Lebih Fatal, Hanya Lebih Menular )

"Jadi pesan saya bapak ibu kalau habis disuntik, jangan merasa seperti Superman kemudian jalan-jalan ke mana-mana enggak pakai masker karena covid itu masih bisa kena," ujarnya saat menemani Wakil Presiden Ma'ruf Amin, di Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Menurut Budi, kekebalan atau imun tubuh tidak langsung terbentuk ketika vaksin disuntikan. Butuh waktu sekitar 28 hari setelah disuntikan, barulah kekebalan terbentuk secara optimal.

"Banyak yang bertanya habis divaksin kok masih bisa kena? Perlu saya sampaikan kekebalan secara optimal terbentuk 28 hari setelah vaksinasi," jelas Budi.

Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menjelaskan cara kerja dari vaksin, yang memiliki fungsi untuk meningkatkan imunitas dengan membentuk antibodi.

"Saya ingin sampaikan yang terjadi adalah imunitas kita meningkat. Apakah masih bisa tertular? Masih. Cuma karena imunitas kita antibodinya sudah baik kalau virusnya masuk dibunuh cepet oleh antibodi itu. Tapi masih bisa kena? Masih," tegasnya.

Namun bukan berarti setelah vaksin masyarakat Indonesia semuanya seperti Superman yang tidak bisa terinfeksi virus. Virus masih bisa menginfeksi termasuk Covid-19.

Hanya saja, ketika virus masuk, antibodi yang ada di tubuh akan lebih cepat membunuh virus tersebut. Alhasil, masyarakat tidak perlu lagi dirawat di rumah sakit karena akan sembuh dengan cepat.

"Sekali lagi kita bukan tiba-tiba jadi Superman yang semua virus tidak bisa masuk. Dengan adanya imunitas hasil vaksin, virusnya lebih cepat hilang, lebih cepat matinya. Kita tidak usah masuk rumah sakit. Kalaupun masuk rumah sakit tidak usah dirawat sampai parah karena memang antibodi kita sudah ada," jelas Budi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)