Cerita Jokowi yang Rutin Tanya Operasional Dua Bandara ke Menhub

Kamis, 18 Maret 2021 - 14:19 WIB
loading...
Cerita Jokowi yang Rutin Tanya Operasional Dua Bandara ke Menhub
foto/antara
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan dua bandara sekaligus pada hari ini. Kedua bandara tersebut adalah Bandara Toraja di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, dan Bandara Pantar di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Presiden Jokowi mengaku bersyukur akhirnya kedua bandara itu bisa rampung juga. Mengingat, Jokowi mengaku berulang kali bertanya kepada Menteri Perhubungan terkait penyelesaian pembangunan bandara-bandara tersebut. ( Baca juga:Tes GeNose C-19 Dipakai Juga di Bandara, Berikut Daftarnya )

“Hampir setiap enam bulan saya tanyakan ke Pak Menhub (Budi Karya Sumadi) kapan bandara ini selesai. Akhirnya hari ini bisa diresmikan. Alhamdulillah,” kata Presiden Jokowi dalam keteranganya, Kamis (18/3/2021).

Presiden mengatakan, kehadiran kedua bandara itu bisa meningkatkan mobilitas masyarakat dan mempersingkat waktu tempuh perjalanan. Misalnya saja, Bandara Toraja yang bisa ikut meningkatkan sektor pariwisata di Tana Toraja dan sekitarnya.

Presiden berharap nantinya penerbangan ke Toraja dapat berkembang. Jadi nantinya bisa ada penerbangan langsung dari Bali, Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

“Yang tadinya lewat jalur darat ke Makassar bisa 9 jam. Sekarang menggunakan pesawat ATR hanya sekitar 50 menit,” kata Jokowi.

Sementara itu, terkait dengan diresmikannya Bandara Pantar di Alor, NTT, Presiden juga berharap dapat meningkatkan mobilitas masyarakat. Sehingga bisa menghasilkan pertumbuhan ekonomi baru di Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya. ( Baca juga:Kolaborasi WhatsApp, Kominfo dan ICT Watch Berupaya Melawan Disinformasi di RI )

“Bandara ini sudah dibangun sejak 2014. Sudah bisa dioperasikan untuk melayani 35 ribu penumpang per tahun. Jika lewat laut tidak bersahabat, sekarang bisa memanfaatkan jalur udara,” kata Presiden Jokowi.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2502 seconds (0.1#10.140)