Mantan Presiden Bank Dunia: Meredam Pandemi dengan Investasi di Sektor Tenaga Medis

Senin, 22 Maret 2021 - 15:22 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, warga lokal yang dipercaya oleh komunitas di wilayahnya itu bisa direkrut untuk melakukan contact tracing. Mereka juga bisa diberdayakan untuk melakukan distribusi vaksin. Ini untuk mengantisipasi apabila ada warga yang masih tidak mau divaksinasi. Mereka baru mau divakisinasi apabila proses tersebut dilakukan oleh orang yang mereka percaya. “Jadi warga lokal bisa dijadikan sebagai tenaga medis,” kata Kim dalam diskusi virtual DBS Asian Insight dan IDE Katadata 2021, Senin (22/3/2021).

Berakhir Sebelum 2022

Kim mengatakan, Bank Dunia mempunyai cash transfer program. Program ini berupa memberikan uang kepada mereka yang tidak mampu, namun untuk mendapatkan uang tersebut harus bersedia menerima pelatihan.

Program seperti itu sudah dilakukan di Haiti dan Rwanda. Mereka yang menerima uang dari cash transfer program dilatih untuk bisa melakukan contact tracing terhadap warga yang terinfeksi Covid-19. Mereka juga bisa diminta untuk melakukan distribusi vaksin. “Ini juga merupakan bentuk investasi di sektor publich health work force,” ujarnya.

Menurut Kim, program transfer uang tunai ini juga bisa menjadi stimulus ekonomi di masa pandemi. Karena, uang tunai yang diberikan kepada mereka yang kurang mampu akan diguanakn untuk konsumsi. Program seperti ini akan membantu perekonomian negara tersebut.

Pandemi Covid-19 membuat semua negara harus mulai memperbanyak jumlah tenaga medis. Untuk mewujudkan hal tersebut, harus ada investasi di sektor tenaga medis.

Saat ini tidak ada yang dapat memastikan kapan pandemi ini akan berakhir. Apabila 70 persen hingga 80 persen warga di dunia sudah divaksinasi dan pandemi berakhir, maka itu harus benar-benar disyukuri. Namun, jangan lupa bahwa virus Covid-19 terus bermutasi dan mereka yang sudah divaksinasi masih bisa terinfeksi oleh mutasi virus tersebut. Apabila skenario buruk ini terjadi maka masyrakat warga akan mengulang lagi proses vaksinasi dari pertama.

Kim menyarankan vaksinasi tidak hanya dilakukan berdasarkan usia tetapi dari wilayah yang paling banyak terdapat kasus positif. Menurut dia, hal itu jauh lebih efektif dalam meredam penyebaran Covid-19.
Jadi, apabila ada satu wilayah yang mempunyai banyak kasus positif, maka wilayah tersebut dan daerah di sekitarnya harus menjadi prioritas dari program vaksinasi. Pada dasarnya Virus Covid-19 ini mudah ditebak. “Asal menerapkan testing, contact tracing, treatment, isolation dan quarantine, maka penyebaran virus tersebut bisa dikontrol,” ungkap Kim.



karaktersitik lainnya yang harus dipahami, Pandemi Covid-19 berbeda dengan pandemi yang pernah terjadi sebelumnya. Pasalnya, Virus Covid-19 sangat berbahaya dibandingkan Ebola atau SARS. Selain itu, mereka yang terinfeksi dan tidak memperlihatkan gejala tertentu bisa menularkan virus ini kepada orang lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)