Kendalikan Harga Pangan Jelang Ramadhan

Selasa, 23 Maret 2021 - 06:06 WIB
loading...
A A A
"Hujan juga menyebabkan banjir di beberapa wilayah sentra dan jalur distribusi. Salah satunya Kabupaten Malang, Lumajang, Nganjuk, dan Probolinggo. Lahan cabai di daerah tersebut tergenang akibat hujan yang cukup tinggi sejak Desember lalu, inilah yang menjadi salah satu faktor tingginya harga cabai," kata Prihasto.

Untuk mengatasi gejolak harga cabai, saat Ramadan dan Lebaran nanti, Kementan telah melakukan usaha pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT). Selain itu, Kementan juga mengarahkan produk hortikultura dari daerah yang sedang panen ke titik-titik pasar yang membutuhkan.

"Jika pengiriman mengalami kendala para petani bisa menghubungi kami untuk dikirimkan truk berpendingin yang akan menjemput produk tersebut dan mendistribusikannya ke pasar tujuan," tegasnya.

Sedangkan dari sisi pengolahan dan pemasaran pascapanen, Prihasto menegaskan bahwa pemerintah ikut memfasilitasi rumah produksi, alat-alat pengering (dome drying), alat pengolahan pasta cabai. Tidak hanya itu, pihaknya juga menyediakan aplikasi penjualan daring (online) produk segar dan olahan secara gratis untuk pelaku agribisnis melalui hortitraderoom.com.

Harga Bawang Putih Juga Naik
Selain cabai, komoditas lain yang mengalami kenaikan adalah bawang putih. Menanggapi hal ini, Prihasto menjelaskan, kebutuhan impor bawang putih tahun ini mencapai 532.000 ton. Saat ini, masih terdapat sisa stok bawang putih dari 2020 sebanyak 134.000 ton. Dengan demikian, Indonesia masih kurang 398.000 ton untuk impor bawang putih.

Data Kementan menyebutkan, secara ‎keseluruhan kebutuhan bawang putih nasional sebanyak 591.000 ton. Namun, hanya 59.000 ton yang dipenuhi produksi dalam negeri, sehingga diperkukan impor untuk memenuhinya.

Secara umum, hingga saat ini terdapat lima perusahaan yang mengajukan rekomendasi izin impor produk hortikultura (RIPH) dengan volume sebanyak 46.00 ton. Secara keseluruhan, Kementan mencatat adanya pengajuan RIPH untuk 157.000 ton produk hortikultura, baik bawang putih dan produk lainnya dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Gejolak harga untuk komoditas bawang merah, kata Prihasto, bukan karena kekurangan pasokan, tetapi lebih kepada karakteristik dari komoditas tersebut. Namun, Prihasto menuturkan harga bawang merah relatif stabil jika dibandingkan dengan cabai, karakteristiknya yang lebih tahan lama dan mengalami penyusutan yang lebih sedikit.

"Sesuai dengan arahan Pak Menteri kita mulai dari hulu-nya dahulu yaitu selalu mendampingi selama masa budidaya bahkan hingga sisi pascapanen. Hingga saat ini, secara kumulatif nasional surplus produksi bawang merah bulan Januari hingga April sebanyak 57.000 ton rogol," tambahnya.

Sedangkan dari sisi hilir-nya Kementan menyediakan transportasi agar bawang merah dapat dibawa dari daerah yang harganya rendah ke daerah yang harganya tinggi. Dengan begitu, menurut Prihasto bisa menekan kenaikan harga dan produsen maupun konsumen sama-sama bisa membantu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)