Perbanas Gelar Webinar Personal Data Protection

Jum'at, 26 Maret 2021 - 01:36 WIB
loading...
Perbanas Gelar Webinar Personal Data Protection
Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Kartika Wirjoatmodjo
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Kartika Wirjoatmodjo membuka kegiatan Data Privacy Webinar Series. Pada seri pertama kali ini bertajuk “Personal Data Protection di Era Digital”. Program sosialisasi Perbanas ini bertujuan untuk meningkatkan awareness dan kepedulian industri Perbankan Indonesia tentang isu “Data Privacy”. Webinar diselenggarakan Perbanas bekerjasama dengan BRI.

Data protection menjadi perhatian banyak pihak, baik dari sisi regulator, pelaku industri, maupun masyarakat. Khususnya di era digital, di mana banyak pelaku industri yang menerapkan teknologi informasi dalam menjalankan roda bisnisnya.

(Baca juga:Waduh, Perbanas Kasih Alarm ke OJK)

Demikian pula dengan industri perbankan yang menghadirkan berbagai layanan perbankan berbasis penerapan teknologi, guna memenuhi kebutuhan nasabah yang seiring perkembangan gaya hidup masyarakat. Nasabah relatif menggemari transaksi online (digital) dibanding transaksi konvensional dengan mendatangi outlet bank.

Dengan cepatnya perubahan teknologi dan timbulnya berbagai media informasi digital, masyarakat umum dituntut untuk memiliki literasi digital yang baik dalam berinteraksi dengan dunia digital. Sudah tidak dapat dipungkiri, isu tersebut menjadi perhatian bersama.

(Baca juga:Pasukan Perbanas Bangun Tembok Lawan Penjahat Siber)

Untuk itu, Perbanas menghadirkan Hendri Sasmita Yuda (Koordinator Tata Kelola Perlindungan Data Pribadi dari Kominfo), Eddy Manindo Harahap (Direktur Direktorat Pengaturan Perbankan, Otoritas Jasa Keuangan), Indra Utoyo (Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI), Anna Pouliou (Pakar GDPR, Deloitte Belgium), sebagai panelis guna dapat berbagi wacana dan wawasan serta perkembangan terkait isu tersebut.

Peserta webinar mendapat kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan panelis yang mewakili regulator, pelaku industri perbankan, serta pakar GDPR. Webinar dipandu oleh Guru Besar Perbanas Institute, Prof. Eko Indrajit.

(Baca juga:Perbanas Sulsel Bantu 5.000 Masker untuk Puskesmas di Makassar)

Dalam sambutannya, Kartika Wirjoatmojo mengemukakan, bahwa Data Privacy Management di sektor Perbankan dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu Sustainability, Compliance dan Governance. Terkait aspek sustainability, perusahaan dapat diukur tingkat sustainability atau resiliensinya dalam jangka panjang dengan menggunakan perangkat yang disebut Environment, Social and Governance (ESG) Rating. “Sebagai salah satu acuan investor dalam berinvestasi,” ujar Kartika dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/3/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)