Jajaran Perusahaan Pembiayaan Ini Tunjukkan Ketahanan di Tengah Pandemi

Sabtu, 27 Maret 2021 - 05:03 WIB
loading...
Jajaran Perusahaan Pembiayaan Ini Tunjukkan Ketahanan di Tengah Pandemi
Industri multifinance atau pembiayaan mengalami banyak tekanan pada tahun 2020. Berikut perusahaan multifinance yang mampu menunjukkan ketahanan fundamentalnya dalam menghadapi krisis di era pandemi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Industri multifinance atau pembiayaan mengalami banyak tekanan pada tahun 2020. Adanya dampak Covid-19 yang memperlambat aktivitas sosial dan bisnis terasa sekali pada sektor multifinance. Tahun 2021, mungkin akan perlahan dan berangsur-angsur pulih dan akan memberikan dampak pula pada sektor ini.

Penurunan industri multifinance kali ini terjadi karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat untuk mengurangi risiko penularan virus. Penurunan kinerja multifinance di tahun 2020 dinyatakan banyak pihak cenderung lebih terkendali terutama berkat kebijakan pemerintah khususnya kebijakan restrukturisasi kredit .



Hasilnya, rasio non-performing financing (NPF) dapat ditekan di posisi 4,01% di akhir tahun 2020 kemarin. Tahun lalu memang tahun yang berat, tapi bukan tanpa prestasi apapun. Sekecil apapun pencapaian, layak untuk diapresiasi untuk mendorong pencapaian yang lebih besar lagi pada masa-masa yang akan datang.

Iconomics memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan multifinance lewat Iconomics Multifinance Awards 2021. Penghargaan ini merupakan upaya apresiasi kepada perusahaan multifinance terbaik di Indonesia yang mampu menunjukkan ketahanan fundamentalnya dalam menghadapi krisis di era pandemi yang terjadi saat ini.

Untuk mengetahui perusahaan pembiayaan /multifinance di Indonesia yang berkinerja baik di tahun 2020, Iconomics melakukan kegiatan riset terhadap 124 multifinance di Indonesia. Hasil riset tersebut digunakan sebagai dasar pemberian penghargaan Iconomics Multifinance Award 2021.

“Untuk menentukan multifinance yang terpilih sebagai pemenang Iconomics Multifinance Award 2021, tim riset Iconomics melakukan quantitative research dan media monitoring yang dilakukan pada periode Januari-Februari 2021,” kata Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro saat membuka Iconomics Multifinance Awards 2021.

Adapun kriteria umum dari perusahaan multifinance yang diriset adalah perusahaan tersebut mempublikasikan laporan keuangan, memiliki laba yang positif, tidak sedang menghadapi masalah hukum yang serius atau melanggar UU, dan mendapatkan pemberitaan yang cukup dari media lokal.

Perusahaan multifinance yang dinilai dikelompokkan berdasarkan kategori aset. Kelompok kategori aset pada penelitian ini meliputi aset di atas Rp30 triliun; aset Rp10–Rp30 triliun; aset Rp5–Rp10 triliun; aset Rp1–Rp5 triliun; dan aset Rp100–Rp500 miliar.

Penilaian multifinance dilakukan melalui 2 tahap. Tahap pertama, sebanyak 124 multifinance dipantau kinerja keuangannya pada tahun 2019 dengan melibatkan 6 indikator. Yaitu BOPO; pertumbuhan aset; persentase pembiayaan terhadap aset; persentase pembiayaan terhadap kewajiban; kewajiban terhadap modal sendiri; dan Return on Assets.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)