Beijing Gudangnya Miliarder, Mengalahkan Kota Manapun di Dunia Termasuk New York

Jum'at, 09 April 2021 - 05:01 WIB
loading...
Beijing Gudangnya Miliarder, Mengalahkan Kota Manapun di Dunia Termasuk New York
Tidak ada kota lain dimanapun di dunia ini yang mampu mengalahkan Beijing soal urusan jumlah miliarder. Beijing saat ini telah menjelma menjadi rumah bagi lebih banyak miliarder daripada kota lain di dunia. Foto/Dok
A A A
BEIJING - Tidak ada kota lain dimanapun di dunia ini yang mampu mengalahkan Beijing soal urusan jumlah miliarder . Beijing saat ini telah menjelma menjadi rumah bagi lebih banyak miliarder daripada kota lain di dunia, menurut daftar tahunan orang terkaya versi Forbes yang terbaru.

Seperti dilansir BBC, jumlah miliarder di Ibukota China itu pada tahun lalu bertambah 33 orang. Kini Beijing menjadi rumah bagi 100 orang miliarder, seperti disampaikan majalah bisnis Forbes. Beijing mengalahkan New York, dimana 99 orang miliar yang menempati kota itu dan telah memegang peringkat teratas selama tujuh tahun terakhir.



Penanganan cepat China terhadap pandemi Covid-19, kebangkitan perusahaan teknologi dan pasar sahamnya membantunya mendapatkan posisi teratas. Meskipun Beijing sekarang memiliki lebih banyak miliarder daripada Big Apple, tapi kekayaan bersih gabungan miliarder di New York City tetap lebih besar dibandingkan Beijing yakni sebesar USD80 miliar.

Orang terkaya Beijing adalah Zhang Yiming, pendiri aplikasi berbagi video TikTok dan kepala eksekutif perusahaan induknya ByteDance. Kekayaan bersih Zhang Yiming tercatat telah meningkat dua kali lipat menjadi USD35,6 miliar. Sebaliknya, penduduk terkaya di New York yakni mantan Walikota Michael Bloomberg, yang memiliki kekayaan senilai USD59 miliar.

Booming E-commerce China

China bersama dengan AS, telah melihat raksasa teknologinya menjadi lebih besar selama pandemi karena lebih banyak orang berbelanja online dan mencari sumber hiburan. Kondisi ini berdampak terhadap kekayaan pribadi bagi para pendiri dan pemegang saham para titan teknologi ini.



China, dari segi jumlah miliarder termasuk Hong Kong dan Makau dalam hitungan Forbes, menambahkan lebih banyak miliarder ke dalam daftar daripada negara lain secara global, dengan 210 pendatang baru. Setengah dari miliarder baru China menghasilkan kekayaan mereka dari usaha manufaktur atau teknologi.

Termasuk miliarder wanita Kate Wang, yang menghasilkan lebih banyak uang dari rokok elektrik. Dengan jumlah 698 miliarder, China mendekati AS yang masih memimpin dengan 724 miliarder.

Satu Miliarder setiap 17 Jam

Rekor 493 pendatang baru miliarder bergabung dengan daftar secara global tahun lalu, dengan rata-rata ada satu miliarder baru setiap 17 jam, menurut Forbes. India memiliki jumlah miliarder tertinggi ketiga, dengan 140 orang. Secara total, 1.149 miliarder dari Asia Pasifik mengantongi kekayaan sebesar USD4,7 Triliun, dibandingkan dengan miliarder AS yakni USD4,4 Triliun.

Jeff Bezos, pendiri dan kepala eksekutif Amazon, tetap menjadi orang terkaya di dunia untuk tahun keempat secara berturut-turut. Kekayaan bersihnya tumbuh sebesar USD64 Miliar menjadi USD177 Miliar tahun lalu.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)