Jadi Bos Baru PT PAL, Ini Rekam Jejak Kaharuddin di Industri Perkapalan

Kamis, 22 April 2021 - 14:14 WIB
loading...
A A A
Beberapa desain yang dipatenkan, antara lain, tesis paten adalah Patent Right; Sub-Optim System of Ship Desain on Java, Master Tesis Strength Optimization of Bulk Carrier, dan Doktoral Desertation: Hull Optimazation of Tanker and Bulk Carrier with Combined Method of Neural Network and Genetic Algorithim.

Kahar pun direkrut untuk bekerja di sebuah perusahaan galangan kapal ternama di Jepang dengan gaji cukup besar. Meskipun demikian, panggilan hati kecilnya sangat kuat untuk kembali ke tanah air. Hati kecilnya berkata, dia harus kembali ke Indonesia.



Bermodal tabungan dari gajinya, dia lalu mendirikan perusahaan desain kapal yang kini berkembang cukup pesat, PT Terafulk Megantara Design. Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2006 kini telah berkembang menjadi grup yang terdiri dari tiga perusahaan.

Penamaaan Terafulk berasal dari istilah satuan tera yang berarti triliun dan bahasa Arab al-fulka yang berarti bahtera. Dia terinspirasi dari kitab suci Alquran, surah Hud.

Sebagai orang yang bergelut di perkapalan, Kaharudin berharap Indonesia bisa bangun dari tidur panjangnya, bangkit menjadi kekuatan maritim di Asia dan dunia, serta bisa lepas dari ketergantungan pada asing. Terafulk yang dikelola Kaharudin merupakan tonggak sejarah industri perkapalan di Indonesia.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2694 seconds (0.1#10.140)