Wapres Kasih Pesan Ini ke Menaker Soal BLK Berbasis Pesantren hingga Gereja

Jum'at, 23 April 2021 - 02:30 WIB
loading...
Wapres Kasih Pesan Ini ke Menaker Soal BLK Berbasis Pesantren hingga Gereja
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memberikan beberapa pesan kepada Menaker terkait pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas berbasis pesantren gereja dan tempat ibadah lainnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyambut baik program pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas berbasis pesantren gereja dan tempat ibadah lainnya. Bahkan, dirinya meminta agar program ini terus dijalankan dan ditingkatkan.



Juri Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi mengatakan, Wapres meminta agar pengembangan keahlian yang memiliki dampak positif bisa dilanjutkan. Khususnya dalam masalah mutu pembelajarannya.

“Wapres menyambut baik program ini. Wapres meminta agar pengembangan keahlian yang bagus-bagus bisa direplikasi,” ujarnya di Jakarta, Kamis (22/4).

Menurut Wapres, kunci sukses dari program ini adalah ada di pelatihan dan manajerial skil. Sebagai salah satu contohnya adalah di pesantren bisa pentingnya perbaikan mutu materi pembelajarannya.



Materi pengajaran yang diberikan dalam BLK Komunitas tersebut juga seharusnya dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Sehingga manfaat yang didapatkan nuga bisa berguna dan bisa langsung terserap oleh pasar kerja.

“Kemudian Wapres menekankan bahwa kunci sukses program ini ada pada pelatihan dan manajerial skill misalnya di pesantren, seperti perbaikan mutu materi pembelajaran dan calon instrukturnya,” jelasnya

Berdasarkan laporan dari Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, sudah ada 2.127 BLK komunitas yang berdiri sejak 2017. Bahkan pada tahun ini, ditargetkan bisa bertambah hingga 1.000 BLK.

“Program BLK Komunitas saat ini telah ada di Banyuwangi, Nusa Tenggara Barat, dan berbagai tempat lain. Ibu Menaker mempersilahkan Wapres untuk berkunjung ke daerah-daerah tersebut,” jelas Masduki.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)