Menko Airlangga: Pencairan THR Bisa Ungkit Pertumbuhan Ekonomi 1%

Jum'at, 23 April 2021 - 22:13 WIB
loading...
Menko Airlangga: Pencairan THR Bisa Ungkit Pertumbuhan Ekonomi 1%
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yakin pencairan THR bisa ungkit pertumbuhan ekonomi Indonesia. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato menyatakan bahwa pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS maupun karyawan swasta dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Dengan jumlah total yang ditaksir mencapai Rp150 triliun, THR diyakini dapat mengungkit pertumbuhan ekonomi hingga 1%. Hal ini diharapkan mendukung pencapaian target pertumbuhan ekonomi di kuartal II/2021 mencapai 7% (yoy).



"Terkait dengan kegiatan Lebaran yang didorong pemerintah dengan pembayaran THR ini bisa mengungkit 1% PDB. THR dari sektor tenaga kerja maupun ASN, TNI, Polri itu jumlahnya bisa Rp150 triliun yang beredar di publik," kata Airlangga dalam video conference, Jumat (23/4/2021).

Airlangga mengatakan, peredaran uang THR tersebut akan mendongkrak konsumsi masyarakat secara signifikan pada bulan April ini. Hal ini tentunya amat positif bagi perekonomian Indonesia yang masih dalam tahap pemulihan dari dampak pandemi Covid-19.

Berdasarkan data perbankan, hingga April 2021 menurutnya pertumbuhan belanja masyarakat mencapai 32,48%. Hal itu melonjak tinggi dari kondisi Februari 2021 yang masih di kisaran zona netral atau nol persen.



"Terlihat dari big data bank telah terjadi kenaikan cukup besar di April 32,48% ini sejalan dengan indeks keyakinan konsumen," ujarnya.

Dia menambahkan, peningkatan konsumsi masyarakat ini juga disebabkan oleh kebijakan insentif yang telah digelontorkan pemerintah sejak awal tahun, di antaranya kebijakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) ditanggung pemerintah (DTP) untuk otomotif dan properti.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)