Kementan Dorong Penyuluh Pertanian Tingkatkan Kompetensi

Senin, 26 April 2021 - 06:11 WIB
loading...
A A A
Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi mengingatkan dinamika sektor pertanian berkembang cepat, sehingga penyuluh dituntut meningkatkan kapasitas dan kompetensinya.

(Baca juga:Dorong Produktivitas, Kementan Tingkatkan Wawasan Petani)

“Kinerja penyuluhan kita masih jauh dari harapan, karena kondisinya, kita bisa memaklumi. Namun hal itu tidak bisa menjadi alasan untuk menutupi kinerja kita, atau membuat kerja tidak semangat,” kata Dedi.

Dia mengajak penyuluh di pusat maupun di daerah dalam naungan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani) di tingkat kecamatan pada Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) maupun di tingkat provinsi (Kostrawil) dan kabupaten (Kostrada) untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensinya. Khususnya pemupukan berimbang guna meningkatkan produktivitas.

(Baca juga:Tanaman Porang Banyak Dicari, Kementan Kembangkan Jadi Komoditas Ekspor)

“Penyuluh harus all out. Penyuluh harus memahami mendampingi agar mampu mengimplementasikan pemupukan berimbang. Ini terkait efisiensi penggunaan pupuk,” kata Dedi Nursyamsi.

Menurutnya, dari penyuluhan maka BPPSDMP akan melakukan pendampingan dan pengawalan oleh para penyuluh. Maka pada kegiatan ToT akan dibahas pula penggunaan pupuk kompos dan hayati.

“Metode pelatihan ToT ini adalah kombinasi off line dan online. Kita semua berharap pelatihan bisa lancar. Saya juga berharap pemupukan berimbang benar-benar dilaksanakan, sehingga tidak ada lagi petani kelebihan menggunakan pupuk,” kata Dedi Nursyamsi.
(dar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)