Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp28,8 Triliun, Ada Apa?

loading...
Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp28,8 Triliun, Ada Apa?
CEO Amazon Jeff Bezos minggu ini menjual sahamnya senilai hampir USD2 Miliar atau setara Rp28,8 Triliun (asumsi kurs Rp 14.430 per dollar AS). Foto/Dok
NEW YORK - CEO Amazon, Jeff Bezos minggu ini menjual sahamnya senilai hampir USD2 Miliar atau setara Rp28,8 Triliun (asumsi kurs Rp 14.430 per dollar AS). Hal ini berdasarkan pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa yang dirangkum oleh OpenInsider.

Baca Juga: Oh My God! Kekayaan Jeff Bezos Hampir Tembus Rp3.000 Triliun

Dilansir CNBC, Bezos menjual sekitar USD684 juta saham Amazon pada hari Selasa, setelah melego saham senilai sekitar USD1,27 miliar pada hari Senin. Itu berarti, Bezos menjual sekitar USD1,95 miliar saham Amazon selama dua hari terakhir.

Transaksi dilakukan sebagai bagian dari rencana perdagangan 10b5-1 yang telah diajukan sebelumnya, kepada otoritas. Perwakilan dari Amazon sejauh ini belum bersedia untuk mengomentari penjualan terbaru tersebut.



Aksi jual mencuat, satu minggu setelah Amazon melaporkan hasil pendapatan mereka pada kuartal pertama 2021, mengalahkan harapan Wall Street karena bisnisnya terus ditopang oleh lonjakan aktivitas e-commerce yang dipicu pandemi.

Bezos telah mempercepat penjualan sahamnya dalam beberapa tahun terakhir, sebelumnya telah melepas hampir USD4,1 miliar saham di Februari lalu. Lalu Bezos menjual lebih dari USD3 miliar saham Amazon, November lalu.

Pendiri Amazon itu sebelumnya mengatakan dia akan menjual sekitar USD1 miliar saham Amazon setiap tahunnya untuk mendanai perusahaan eksplorasi luar angkasanya, Blue Origin. Perusahaan itu terus tumbuh dan pada hari Rabu mengumumkan akan meluncurkan kru astronot pertamanya ke luar angkasa musim panas ini.

Baca Juga: Pamit dari Amazon, Ini Sosok Pengganti Jeff Bezos

Bezos juga menandai modal tambahan untuk Day One Fund, organisasi yang ia luncurkan pada September 2018 untuk memberikan pendidikan di masyarakat berpenghasilan rendah dan membantu tunawisma. November lalu, dana tersebut memberikan hibah sebesar USD98,5 juta kepada 32 kelompok.

Inisiatif-inisiatif ini diharapkan menjadi fokus yang lebih besar bagi Bezos begitu ia mundur dari posisinya di kuarter ketiga. Bezos akan menyerahkan kemudi kepada CEO AWS Andy Jassy dan mengambil peran sebagai ketua eksekutif di dewan Amazon.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top