Komisi IX Minta Kemenkes Fokus Covid-19, Soal Bahaya Rokok Ntar Dulu Deh!

Jum'at, 14 Mei 2021 - 11:30 WIB
loading...
Komisi IX Minta Kemenkes Fokus Covid-19, Soal Bahaya Rokok Ntar Dulu Deh!
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memprioritaskan penanganan pandemi Covid-19 dan proses vaksinasi ketimbang regulasi kesehatan lainnya. Kemenkes memiliki banyak fokus sebelum pandemi antara lain tingginya angka Kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI/AKB), pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan tidak menular. Pun, pengendalian rokok melalui revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109/2012, hingga Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Tata Kelola Sistem Kesehatan.

Semua fokus Kemenkes itu dinilai penting, namun harus ditinjau ulang prioritasnya karena pandemi selama lebih dari satu tahun telah memberikan dampak luar biasa yang menekan seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga:Yuks, Pantengin Terus Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK

Anggota Komisi IX DPR, Kurniasih Mufidayati, menjelaskan, penanganan Covid-19 dan distribusi vaksin memerlukan konsentrasi penuh dari pemerintah, terutama Kementerian Kesehatan. Ia pun mengaku, permasalahan Covid-19 dan vaksinasi menjadi agenda utama komisi kesehatan di DPR.

Anggota Komisi Kesehatan lainnya, Putih Sari dan Yahya Zaini, juga menegaskan, pemerintah perlu memastikan distribusi yang tepat sasaran untuk mendukung program vaksinasi Covid-19. Menurut Putih, kesiapan program vaksinasi merupakan langkah penting.

"Bagaimana ukuran pendataannya? Harus jelas, mulai dari kebutuhan vaksin, sumber daya manusia, dan tidak kalah penting cara distribusinya sehingga tepat sasaran dan terencana," ujarnya.

Terkait distribusi vaksin, temuan di lapangan menunjukkan masih terdapat penggunaan alat penunjang di bawah standar sesuai ketetapan Badan Kesehatan Dunia. Oleh karenanya, pemerintah perlu kerja ekstra keras guna memastikan proses distribusi vaksin berjalan baik dan penanganan pandemi berjalan optimal.

Yahya Zaini juga mengingatkan, pemerintah perlu berkonsentrasi untuk memastikan distribusi berjalan baik dan tidak menurunkan kualitas vaksin. Politisi Partai Golkar ini menegaskan, DPR terus melakukan pengawasan distribusi vaksin agar aman digunakan masyarakat.

"Inilah yang harus terus diawasi. Jangan sampai sia-sia vaksinnya. Pemerintah harus menjamin kualitas vaksin yang ada, dari sejak produksi, distribusi, hingga digunakan ke masyarakat. Itu semua (harus) aman dan efektif," pungkas Yahya.

Sejauh ini sebanyak lebih dari 1,7 penduduk Indonesia terpapar virus Corona. Menjelang libur Lebaran, pemerintah menerapkan larangan mudik untuk mencegah penyebaran virus Corona karena belajar dari situasi sebelumnya ketika jumlah kasus penderita yang terpapar Corona selalu naik usai libur panjang.

Baca juga:Wapres Ajak Orang Kaya Bantu Negara Hilangkan Bahaya Kemiskinan

Kurniasih menekankan bahwa DPR bersama dengan Kementerian Kesehatan bekerja sama mempercepat penanganan pandemi. “Saat ini agenda kita masih Covid-19 dan vaksin, belum ada lagi pembahasan tentang fokus dan prioritas regulasi kesehatan yang lain seperti kampanye hidup sehat tanpa rokok atau pelarangan iklan rokok,” tegas Kurniasih kepada media, Senin (10/5).

Ia menambahkan Covid-19 merupakan agenda terpenting karena menyangkut keselamatan 271 juta rakyat Indonesia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)