Kabar Baik PPnBm, Penjualan Mobil Astra Laris Manis

Selasa, 25 Mei 2021 - 12:53 WIB
loading...
Kabar Baik PPnBm, Penjualan Mobil Astra Laris Manis
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang ditanggung pemerintah untuk kendaraan bermotor turut mempengaruhi penjualan mobil Grup Astra. Hal ini terlihat dari data penjualan mobil yang dimiliki PT International Tbk (ASII) di empat bulan tahun 2021.

Head of Investor Relations Astra International, Tira Ardianti mengatakan, penjualan mobil atau roda empat Grup Astra secara wholesale di bulan April 2021 angkanya meningkat sekitar 79.000 unit, kemudian retail sales nya lebih tinggi sedikit. "Secara keseluruhan selama empat bulan tahun 2021 sudah sekitar 265.000 unit (mobil terjual)," ujar Tira dalam acara Workshop Wartawan Pasar Modal Group Astra secara virtual, Selasa (25/5/2021).



Dia menambahkan, secara garis besar mulai terlihat adanya perbaikan dari sisi penjualan sejak kuartal III-2020, kuartal IV-2020, kemudian dilanjutkan pada kuartal I-2021. "Terutama kalau kita lihat spesifik di bulan Maret dan April ada dampak diberikannya insentif diskon pajak oleh pemerintah," kata dia.

"Jadi, ketika bulan Februari pemerintah mengumumkan akan memberikan insentif PPnBM bagi kendaraan dalam upaya pemerintah untuk mendorong ekonomi supaya daya beli meningkat, kami melihat penjualan di Maret naik cukup signifikan dan April masih cukup strong," sambungnya.



Dari sisi produksi, Tira menjelaskan bahwa produksi kendaraan bermotor saat ini tidak bisa berjalan seperti kondisi ketika tidak ada pandemi Covid-19, dimana ketika tidak ada pandemi produksi bisa dijalankan secara optimal dan maksimal bahkan dengan kapasitas yang terpasang. "Tapi sejak pandemi ada banyak kendala dimana keselamatan dan kesehatan karyawan tetap diutamakan sehingga dalam operasional bisnis tetap ada pembatasan untuk mencegah penyebaran Covid-19," ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)