PLN Salurkan TJSL untuk Bantu Tingkatkan Produktivitas Petani Barru

Rabu, 26 Mei 2021 - 15:20 WIB
loading...
PLN Salurkan TJSL untuk Bantu Tingkatkan Produktivitas Petani Barru
PT PLN menyalurkan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) untuk 51 pelaku UMKM yang dibagi menjadi 2 kelompok tani, untuk membantu produktivitas petani. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - PT PLN menyalurkan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) untuk 51 pelaku UMKM yang dibagi menjadi 2 kelompok tani, untuk membantu produktivitas petani di desa Lampoko Kecamatan Balusu Kabupaten Barru.

Kedua kelompok tani tersebut yaitu Mamminasae dan Taro Ada Taro Gau yang berdomisili di Dusun Lampoko dan Dusun Palae Desa Lampoko.



Diketahui, kelompok Tani Mamminasae berdiri sejak tahun 2003 dan memiliki anggota sebanyak 25 petani sedangkan kelompok tani Taro Ada Taro Gau berdiri sejak tahun 2007 serta memiliki anggota sebanyak 26 petani dengan luas lahan yang digarap mencapai 15,55 Ha sawah. Kepada kedua kelompok tani PLN menyerahkan 2 unit alat bajak sawah modern (traktor), sebelumnya kedua kelompok tani dalam menggarap sawah menggunakan alat tradisional yang ditarik oleh hewan.

Penyerahan bantuan dihadiri oleh Budiman Kepala Desa Lampoko, Abd Salam ketua kelompok Tani Taro Ada Taro Gau, Darwin ketua kelompok tani Maminasae, Nur Akhsin Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi (SRM PPK) Unit Induk Pembangunan Sulawesi (UIP Sulawesi) dan Rahmat Nichol Fauzen Manager Unit Pelaksana Proyek Pembangkit dan Jaringan Sulawesi Selatan (UPP Sulsel).

Harapan para petani semoga dengan adanya bantuan dari PLN dapat meningkatkan produktifitas pertanian, hasil pertanian menjadi lebih baik dan mengurangi biaya produksi.

Kepada Desa Lampoko Budiman bercerita bahwa dalam satu kali panen di desanya untuk tanaman bawang merah bisa menghasilkan 14 ton dengan nilai jual Rp14.000 per kilogram jika ditotal menjadi Rp196.000.000. Tanaman bawang merah ditanam oleh petani Ketika musim kemarau bersama tanaman jagung dan kacang tanah sedangkan musim hujan tiba petani menanam padi.

“Bantuan ini sangatlah membantu dan meringankan petani dalam mengelola lahan pertaniannya. Besar harapan kami bantuan dapat terus berkelanjutan hingga kami dapat mandiri,” tutur Budiman

Sampai dengan saat ini PLN Grup, baik dari PLN dan Indonesia Power sudah beberapa kali menyalurkan TJSL di Desa Lampoko. Di Desa Lampoko terdapat objek vital nasional yang dikelola oleh PLN yakni Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Barru dan PLN sedang membangun beberapa proyek strategis nasional (PSN) infrastruktur ketenagalistrikan yakni berupa tambahan pembangkit PLTU Barru 2 yang berkapasitas 100 Mega Watt, Transmisi Line (TL) 150 kV incomer Barru, dan hybrid Insulated Switchgear (HIS) 150kV Barru.



“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh stakeholder terutama masyarakat di Desa Lampoko yang telah ikut berperan dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional, besar harapan kami bantuan TJSL ini agar dapat dirawat dengan baik sehingga memberikan manfaat untuk meningkatkan kapasitas produksi hasil pertanian, sekaligus meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan khususnya masyarakat desa Lampoko,” tutur Nur Akhsin Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi (SRM PPK) Unit Induk Pembangunan Sulawesi (UIP Sulawesi)

Progress pekerjaan jaringan yang terdiri dari Transmisi Line (TL) 150 kV incomer PLTU Barru progress 97% dan Hybrid Insulated Switchgear (HIS) 150kV Barru telah mencapai 100% serta progress pekerjaan pembangkit PLTU 86%. Direncanakan dalam waktu dekat akan dilaksanakan Back Feeding atau penerimaan tegangan (daya) pertama dari sistem untuk mengecek kesiapan peralatan (commissioning) sebelum pembangkit beroperasi.

“Kami memohon doa dan dukungan kepada masyarakat desa Lampoko, agar pekerjaan yang kami laksanakan dapat berjalan dengan lancar serta manfaat pembangunan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat secara merata” tutupnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)