Mau Daftar Vaksin Gotong Royong? Cek Rincian Harganya

loading...
Mau Daftar Vaksin Gotong Royong? Cek Rincian Harganya
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
JAKARTA - Program vaksinasi gotong royong telah berlangsung sejak 18 Mei 2021. Pemberiannya pun tanpa dipungut biaya atau gratis kepada seluruh karyawan/karyawati, buruh dan keluarga yang pendanaanya ditanggung oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Namun yang berbeda adalah merek vaksin yang digunakan. Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia, Shinta W. Kamdani memaparkan bahwa dalam program vaksinasi gotong royong berbeda dengan merek vaksin yang digunakan dalam vaksinasi program pemerintah. Vaksinasi gotong royong menggunakan vaksin Covid-19 asal China yaitu, vaksin Sinopharm.

Baca Juga: Pengusaha Bioskop Babak Belur, CGV Rugi Rp446 Miliar di 2020

Shinta mempertegas bahwa yang dapat mendaftarkan vaksinasi gotong royong hanyalah badan usaha atau perusahaan yang memiliki dana pembelian vaksin Sinopharm.

“Harga vaksin gotong royong merek Sinopharm adalah Rp 321.660 per dosis. Sementara itu, tarif pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosis. Artinya, total harga sekali penyuntikan vakin gotong royong adalah Rp 439.570 hingga hampir mencapai Rp 900.000 untuk 2 kali penyuntikan,”katanya dalam bincang #TanyaJawab Ikatan Dokter Indonesia secara virtual, Kamis malam (28/5/2021).

Baca Juga: Morgan Stanley Bakal Tutup Bisnis Broker di RI, Ini Dampaknya Bagi Pasar Modal



Dalam keterangannya, Shinta memperjelas bahwa badan usaha atau perusahaan tidak wajib memberikan vaksinasi gotong royong kepada karyawannya. Hal itu dengan alasan, karena tidak semua badan usaha memiliki cukup dana untuk perolehan vaksin Sinopharm. “Vaksin gotong royong ini adalah upaya untuk kita sama-sama harus menyelesaikan bagaimana membantu Pemerintah menyelesaikan Covid-19. Penggunaan gotong royong ini dimaksudkan karena Pemerintah tidak bisa kerja sendiri. Maka membutuhkan bantuan dari dunia usaha,” tutupnya.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top