Mata Uang Kripto Made In Indonesia Dirumuskan BI, Namanya Digital Rupiah

loading...
Mata Uang Kripto Made In Indonesia Dirumuskan BI, Namanya Digital Rupiah
Bank Indonesia (BI) saat ini tengah merumuskan pembuatan mata uang digital atau Central Bank Digital Currency (CBDC). Nantinya produk ini akan diberi nama digital rupiah. Foto/Dok
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) saat ini tengah merumuskan pembuatan mata uang digital atau Central Bank Digital Currency (CBDC). Nantinya produk ini akan diberi nama digital rupiah.

Dikutip dari postingan Instagram resmi BI @bank_indonesia, dijelaskan bahwa Central Bank Digital Currency -Digital Rupiah dalam implementasinya harus disesuaikan kondisi ekonomi dan konteks digitalisasi yang sedang didorong oleh Bank Indonesia.

Baca Juga: Kabar Terbaru Bitcoin Usai Runtuhnya Mata Uang Kripto

Central Bank Digital Currency-Digital Rupiah merupakan sebuah representasi uang digital yang menjadi simbol kedaulatan negara atau sovereign currency yang diterbitkan oleh bank sentral dan menjadi bagian dari kewajiban moneternya

"Central Bank Digital Currency-Digital Rupiah berbentuk uang digital yang akan diterbitkan dan dikendalikan oleh bank sentral. Pasokannya bisa ditambahkan atau dikurangi oleh bank sentral untuk mencapai tujuan ekonomi," tulis keterangan di postingan Instagram BI.

Mata Uang Kripto Made In Indonesia Dirumuskan BI, Namanya Digital Rupiah




Diterangkan juga bahwa BI saat ini telah melakukan kajian atau asesmen Central Bank Digital Currency-Digital Rupiah guna melihat potensi dan manfaat mata uang digital, meliputi desain, teknologi, beserta mitigasi risikonya.

BI juga koordinasi dengan bank sentral lain, termasuk lewat forum internasional guna pendalaman penerbitan mata uang digital atau Central Bank Digital Currency-Digital Rupiah.

Adapun rencana penerbitan Central Bank Digital Currency-Digital Rupiah oleh BI dilandasi oleh tiga pertimbangan:
- Sebagai alat instrumen pembayaran yang sah di NKRI
- Mendukung pelaksanaan kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran
- Menghadirkan pilihan instrumen pembayaran berbasis teknologi
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top