Mantan Eksekutif Disney/FOX Roy Simangunsong Bergabung ke Podkesmas Asia Network

loading...
Mantan Eksekutif Disney/FOX Roy Simangunsong Bergabung ke Podkesmas Asia Network
Indonesia menjadi pendengar podcast terbanyak se-Asia Tenggara. Salah satu pioneer podcast di Indonesia adalah Podkesmas yang digawangi Ananda Omesh, Imam Darto, Surya Insomnia, dan Angga Nggok. Foto/Dok. SINDOnews
JAKARTA - Sejak pandemi berlangsung, banyak orang yang beralih ke dunia digital termasuk dunia siniar podcast terutama para milenial dan gen z. Siaran audio internet mulai diminati karena kontennya yang bervariasi, fleksibel, dan lebih bisa dinikmati daripada konten visual.

Banyak pendengar yang mendapatkan perasaan “nongkrong” yang tidak bisa mereka dapatkan selama pandemi ini. Seperti proyeksi Businesswire, ukuran pasar podcast global diperkirakan akan mencapai USD41,8 miliar pada tahun 2026.

Baca Juga: Mau Vlogging dan Bikin Podcast, Ini Aplikasi Perekam Suara Terbaik yang Anda Butuhkan

Indonesia sendiri menjadi pendengar podcast terbanyak se-Asia Tenggara menurut Spotify di tahun 2020. Salah satu pioneer podcast yang meroket di Indonesia adalah Podkesmas (Podcast Kesehatan Masyarakat) yang digawangi oleh Ananda Omesh, Imam Darto, Surya Insomnia, dan Angga Nggok.

Podkesmas tergabung dalam Podkesmas Asia Network (PAN), network podcast terbesar di Indonesia yang didukung oleh Absolute Confidence, perusahaan modal ventura Indonesia yang didirikan oleh Aryo Ariotedjo, baru saja memperkenalkan co-founder sekaligus CEO yang sudah tidak asing lagi di dunia media digital yaitu Roy Simangunsong.

Roy merupakan seorang ahli media digital dan IP (Intellectual Property) yang pengalamannya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Roy pernah menjadi bagian dari tumbuh pesatnya Yahoo, Twitter, dan FOX di Indonesia.



Dalam siaran pers yang diterima, Senin (7/6/2021), Roy memaparkan alasannya untuk bergabung membangun PAN. "Pertama, energi dari founder yang sangat positif dan banyaknya investor yang melihat potensi di pasar konten terkait audio. Kedua, keseriusan talent PAN untuk menjadi yang terbaik, terbukti dengan konsistensi dalam menyajikan konten yang dicari oleh para pendengar. Ketiga, kejujuran dari PAN akan kekurangan dan kelebihan yang akan membuat kita untuk saling melengkapi dalam rangka merealisasikan impian PAN untuk menjadi Podcast Network terbaik di Asia Tenggara sekaligus menjadi network dengan IP yang akan mengembangkan teknologi audio dimana pendengar podcast bisa mempunya experience seperti audio cinema," jelasnya.

Sejalan dengan statement Roy, Omesh dan Nggok, founders dari PAN juga sangat yakin dengan perkembangan ke depan. Dengan pengalaman kerja dan portofolio bang Roy di dunia media yang sangat luar biasa, mereka meyakini bahwa PAN dapat menjadi network yang terbesar di Asia Tenggara bahkan di dunia.

Baca Juga: Menggemparkan, Rapid Test Antigen di Jembatan Suramadu: 70 Pengendara Positif COVID-19

"Saat ini, pertumbuhan PAN sudah melampaui 1.000% month on month untuk jumlah pemutaran dan penambahan network podcaster atau storyteller yang sudah double digit," ungkap Nggok.



Di tahun-tahun ke depan, PAN berambisi untuk dapat mengembangkan IP yang kuat di Indonesia agar konten yang dipersembahkan oleh para-Podcaster semakin berkualitas dan kreatif. Indonesia harus memiliki ekosistem Podcaster yang memiliki signature yang kuat dan terstandarisasi untuk memenuhi market pendengar yang cukup besar.

Sesuai dengan komitmen founders dan CEO baru, PAN akan tetap menjadi wadah yang nyaman untuk masyarakat Indonesia yang ingin berkreasi dan menyalurkan ide-ide. Sampai saat ini, PAN masih terus merekrut Podcaster yang berpotensi di Indonesia untuk bergabung dalam network PAN untuk bergabung dengan nama-nama yang sudah tidak asing lagi di dunia hiburan seperti Udjo, Augie Fantinus, Zoya Amirin, Rigen Rakelna, Ananta Rispo, dan masih banyak lagi. "Kami tunggu karya kreatif Podcaster di Indonesia, semoga kita bisa berjodoh," tutup Omesh.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top