Hadapi Bonus Demografi dengan Pelatihan Vokasi di BLK Komunitas

Kamis, 10 Juni 2021 - 17:02 WIB
loading...
A A A
Salah satu BLK Komunitas unggulan yang hadir, yakni BLK Komunitas Pondok Pesantren Giri Kusumo, yang fokus pada satu program pelatihan Teknik Sepeda Motor (TSM) di Kabupaten Demak, telah menunjukkan kemandiriannya dengan melahirkan lulusan yang ditampung oleh PT Astra dan Honda, serta wirausahawan yang membuka bengkel di kampung asalnya masing-masing.

“Alhamdulillah dan terima kasih kepada Kemnaker. Berdirinya BLK Komunitas memberi banyak manfaat dalam membekali santri-santri dan masyarakat sekitar lingkungan pesantren keterampilan otomotif," kata Muhamad Hanif, Kepala BLK Komunitas Pondok Pesantren Giri Kusumo.

BLK Komunitas satu ini telah menandatangani MoU dengan banyak perusahaan otomotif dan bengkel, di antaranya Bengkel Astra dan Honda. Kerjasamanya dalam bentuk magang setelah mereka direkrut sebagai karyawan.

BLK Komunitas Giri Kusumo, merupakan satu dari sekian lembaga atau yayasan yang menerima manfaat program pembangunan BLK Komunitas Kementerian Ketenagakerjaan. Sejak berdiri pada 2017, BLK Komunitas Ponpes Giri Kusumo sudah banyak meluluskan tenaga terampil dan berkompeten.

Pada tahun pertama berdiri BLK Komunitas ini telah melatih dan memberikan sertifikat keahlian kepada sebanyak 80 orang. Tahun-tahun berikutnya BLK Komunitas Giri Kusumo meluluskan 32 peserta, setiap tahunnya, total 176 alumni di tahun 2020.

Kemampuan dan keahlian dimiliki para alumni pun diminati dunia industri dan usaha. Kini BLK Komunitas Ponpes Giri Kusumo telah menjalin kerja sama dengan PT Astra dan Honda. CM
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0790 seconds (0.1#10.140)