Industri Herbal-LIPI Kolaborasi Perkuat Riset Produk Alam dan Obat Tropis

Rabu, 23 Juni 2021 - 14:29 WIB
loading...
Industri Herbal-LIPI Kolaborasi Perkuat Riset Produk Alam dan Obat Tropis
Kolaborasi LIPI dan industri herbal diharapkan dapat menggenjot pemanfaatan produk herbal dan tanaman obat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berkolaborasi dengan industri herbal untuk memperkuat riset produk alam dan obat-obatan tropis . Kolaborasi itu dilakukan untuk meningkatkan pemanfaatan produk herbal dan tanaman obat dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Industri obat tradisional terus berkembang, baik sebelum maupun setelah pandemi Covid-19. Di saat pandemi, perkembangan semakin baik karena kesadaran masyarakat akan pentingnya obat herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikut meningkat.



"Walaupun kami belum memiliki data pasar yang pasti, tetapi secara umum industri obat tradisional, apakah itu industri obat tradisional dalam bidang industri, UMKM, semuanya berkembang dengan baik, ujar Sekretaris GP Jamu Victor S Ringoringo dalam acara Market Review IDX Channel, Rabu (23/6/2021).

Kesadaran masyarakat yang semakin meningkat membuat permintaan akan obat-obat herbal apakah itu jamu, obat herbal terstandar, ataupun fitofarmaka berkembang sangat baik.

Di sisi lain, Victor menjelaskan, yang menjadi kekhawatiran dari industri obat tradisional adalah bagaimana bisa meningkatkan kualitas keamanan dan efikasi sesuai dengan pengarahan dari BPOM.



Peningkatan kualitas keamanan dan efikasi sesuai dengan pengarahan dari Badan POM menurutnya perlu agar obat herbal dapat diterima lebih luas.

"Dalam artian, bukan hanya oleh masyarakat awam saja, tetapi juga bisa diterima oleh teman-teman kami di profesi kesehatan khususnya dokter," ucap dia.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)