Internet Jadi Jembatan Digital untuk Kesejahteraan Rakyat

Kamis, 24 Juni 2021 - 23:24 WIB
loading...
A A A
"Jadi kalau sekarang yang dibangun oleh pak Jokowi adalah infrastruktur jembatan yang dibangun dari tembok, beton. Maka kita butuh juga insfrastruktur jembatan digital antar komunitas, desa, daerah, kota, dan provinsi," ujar Budiman.

Budiman menuturkan, nantinya jembatan digital akan diperkuat, dipercerdas dan di percanggih dengan kecerdasan buatan, dengan manajemen konsolidasi antar jembatan digital melalui teknologi blokchain/rangkai data.

"Maka kehadiran Training Of Trainer (TOT) adalah untuk membangun agar seluruh rakyat Indonesia mempunyai aset digital. Ketika orang punya aset digital maka di situlah sumber kesejahteraan, pengetahuan,kesehatan," tutur Budiman.



Oleh karena itu, alasan KSDI membangun Jembatan Digital, karena sifat teknologinya horizontal, sifat bisnisninya horizontal. Sementara perusahan teknologi yang lain, sikap teknologinya horizontal, tapi bisnisnya vertikal.

"Jadi itu semangat dari KSDI dan juga koperasi yang akan kita buat. Ada koperasi energi baru terbarukan, data pangan, angkutan atau transportasi, ada koperasi industri kreatif indonesia," ucap Budiman.

"Tadi siang saya sudah webinar bersama 2 Bupati. Morowali Utara di Sulawesi Tenggara, dan Bupati Halmahera Tengah di Maluku utara. Kita berbicara untuk membentuk koperasi pertambangan rakyat. Nanti kita bangun juga sifat teknologi yang horizontal, bisnisnya juga horizontal, semoga apa yang kita lakukan dapat berguna untuk rakyat," tutur Budiman.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)