Melantai di Bursa Hari Ini, Berikut Profil Archi Indonesia

Senin, 28 Juni 2021 - 08:59 WIB
loading...
Melantai di Bursa Hari Ini, Berikut Profil Archi Indonesia
PT Archi Indonesia Tbk akan menawarkan 3.735.250.000 saham dengan harga penawaran Rp750 per saham. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Archi Indonesia Tbk dijadwalkan melaksanakan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (28/6/2021). Perseroan akan menawarkan 3.735.250.000 saham dengan harga penawaran Rp750 per saham.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek diantaranya PT BNI Sekuritas, PT Citigroup Sekuritas Indonesia, PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas, PT UOB Kay Hian Sekuritas.



Archi memiliki lokasi tambang di provinsi Sulawesi Utara, mulai beroperasi sejak 2011 dan telah memproduksi total 1,9 juta ons (setara dengan 58 ton) emas hingga 2020 dan memiliki Cadangan Bijih emas sebanyak 3,9 juta ons (setara dengan 121 ton) per akhir Desember 2020.

Archi dikenal dengan Tambang Emas Toka Tindung merupakan salah satu perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia yang terdiri dari dua Kontrak Karya yang dimiliki oleh Entitas Anak Archi, yaitu PT Meares Soputan Mining (PT MSM) dan PT Tambang Tondano Nusajaya (PT TTN). Kedua Kontrak Karya ini berlaku hingga tahun 2041, dan bisa mendapatkan dua kali perpanjangan, masing-masing untuk jangka waktu maksimum 10 tahun.
Tambang Emas Toka Tindung merupakan salah satu tambang emas yang memiliki tingkat Cadangan Bijih emas tertinggi serta Umur Tambang (Life-of-Mine – LOM) terpanjang di kawasan Asia Tenggara menurut konsultan industri pertambangan CRU International Limited (CRU).

Dengan pertumbuhan volume produksi yang stabil sejak tahun 2011, Archi telah berhasil memproduksi lebih dari 200 kilo ons (setara dengan 6,2 ton) emas per tahunnya sejak tahun 2016, dan mencatatkan rekor produksi tertinggi mencapai 270 kilo ons (setara dengan 8,4 ton) emas.

Hingga akhir tahun 2020, Archi baru mengeksplorasi dan menambang emas sekitar 10% dari total keseluruhan area konsesinya yang memiliki luas sekitar 40.000 hektar, karena itu Archi masih memiliki potensi penambahan cadangan bijih emas secara signifikan.

Sesuai dengan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diselenggarakan pada tanggal 9 Februari 2021, Perseroan akan mengalokasikan sebesar 0,02% dari saham baru pada saat Penawaran Umum Perdana Saham untuk program alokasi saham kepada karyawan Perseroan (Employee Stock Allocation/ESA) yaitu sebanyak 237.500 saham, dengan harga pelaksanaan ESA yang sama dengan Harga Penawaran.



Setelah pelaksanaan Penawaran Umum Perdana Saham, Perseroan akan mengalokasikan sebesar 1,61% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum Perdana Saham untuk program opsi pembelian saham kepada Manajemen dan Karyawan Perseroan (Management and Employee Stock Option Program/MESOP) yaitu sebanyak-banyaknya 400.000.000 saham, dengan harga pelaksanaan MESOP sekurang-kurangnya 90% dari rata-rata harga penutupan saham Perseroan selama kurun waktu 25 Hari Bursa berturut-turut di Pasar Reguler sebelum permohonan pencatatan dilakukan ke BEI.

Berikut jajaran pengurus Archi Indonesia:

Dewan Komisaris
Komisaris Utama : Rizki Indra Kusuma
Komisaris : Abed Nego
Komisaris : Ali Abbas Badre Alam
Komisaris Independen : Bambang Setiawan
Komisaris Independen : Hamid Awaluddin

Direksi
Direktur Utama : Kenneth Ronald Kennedy Crichton
Wakil Direktur Utama : Rudy Suhendra
Direktur : Shawn David Crispin
Direktur : Adam Jaya Putra
Direktur : Christian Emanuel David Sompie
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6643 seconds (0.1#10.140)