Dianggap Matikan Warung Kelontong, Anies Diminta Evaluasi Izin Minimarket

Senin, 12 Juli 2021 - 21:00 WIB
loading...
Dianggap Matikan Warung Kelontong, Anies Diminta Evaluasi Izin Minimarket
Lukmanul Hakim, Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-74 pada 12 Juli ini harus dijadikan momentum bagi Pemprov DKI Jakarta untuk menunjukkan keberpihakan pada koperasi dan usaha kecil. Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Lukmanul Hakim, mengatakan Pemprov DKI perlu mengevaluasi perizinan minimarket yang kini menjamur di ibu kota.

"Saya lihat Indomaret dan Alfamart di Jakarta ini sudah terlalu banyak. Bahkan berdiri berhadapan atau berdampingan. Rasanya perlu dievaluasi lagi perizinannya. Mungkin perlu dipertimbangkan untuk moratorium izin baru," kata Lukmanul Hakim dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (12/7/2021).

Baca juga:Pesta Nikahan Anak Dihadiri Ribuan Orang, Mempelai Wanita Tolak Pakai Masker Ini Kata Wakil Wali Kota Jayapura

Dalam berbagai kesempatan, bung Lukman, sapaan akrabnya, sering mendapat keluhan masyarakat tentang maraknya minimarket yang menggerus pendapatan warung-warung kecil. Mereka kalah bersaing dengan kedua minimarket itu.

"Jangan sampai di satu kelurahan lebih dominan Indomaret dan Alfamartnya, tapi warung kelontong tidak diperhatikan. Kasihan pedagang kecil, kondisi sedang susah karena pandemi malah makin turun omzetnya gara-gara kalah bersaing dengan peritel modern," ucap Lukman prihatin.

Baca juga:Sepekan PPKM Darurat di Jakarta, Mobilitas Masyarakat Menurun Drastis

Menurut Lukman yang juga Ketua DPD PAN Jakarta Barat ini, di tengah situasi seperti sekarang, pemprov seharusnya mempermudah perizinan bagi koperasi, UMKM, dan warung kelontong milik warga.

"Permudah izinnya, jika perlu dibantu modalnya supaya masyarakat kecil lebih berdaya. Pedagang-pedagang kecil ini kan bagus, mereka punya niat usaha, buka lapangan kerja sendiri, tidak bergantung pada pemerintah. Jadi harus disupport," pungkas Lukman.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0927 seconds (0.1#10.140)