Terungkap! Erick Thohir Bongkar Alasan Kimia Farma Jual Vaksin Covid

loading...
Terungkap! Erick Thohir Bongkar Alasan Kimia Farma Jual Vaksin Covid
Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO/MNC Media
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan alasan Kimia Farma mengadakan program vaksinasi Covid-19 berbayar melalui program vaksinasi gotong royong individu . Menurutnya pengadaan vaksin corona tersebut menggunakan keuangan korporasi yang dilakukan langsung oleh Holding Farmasi BUMN bukan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Seluruh pendanaan vaksinasi gotong royong baik untuk badan usaha maupun individu, tidak pernah menggunakan APBN," ujar Erick, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Stafsus Erick Thohir Ungkap Alasan Vaksinasi Berbayar Ditunda

Pengadaan vaksin yang digunakan untuk vaksinasi gotong royong, kata dia, menggunakan kewajaran harga vaksinasi yang akan dikaji oleh BPKP. Dia mengungkapkan vaksinasi gotong royong baik bagi badan usaha maupun individu sesuai kebijakan vaksinasi yang telah ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).



Ia juga memastikan bahwa pengadaan vaksin tersebut bukan berasal dari sumbangan ataupun hibah dari kerjasama bilateral dan multilateral, seperti hibah dari UAE dan yang melalui GAVI/COVAX. "Tidak juga menggunakan vaksin yang berasal dari vaksin yang sudah dialokasikan untuk program vaksinasi pemerintah," katanya.

Baca Juga: Vaksin Berbayar Ditunda, Saham Kimia Farma Masih Menguat 12%

Sebagai informasi, vaksinasi gotong royong individu merupakan perluasan dari program vaksinasi gotong royong yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 tahun 2021. Program tersebut merupakan opsi pemerintah untuk memperluas pelaksanaan vaksinasi nasional.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top