Penggunaan Oksigen Diperketat Demi Jaga Ketersediaan, Luhut Sentil Pemda

Senin, 26 Juli 2021 - 19:01 WIB
loading...
Penggunaan Oksigen Diperketat Demi Jaga Ketersediaan, Luhut Sentil Pemda
Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau, agar pemerintah daerah (Pemda) memperketat penggunaan fasilitas kesehatan seperti oksigen liquid. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau, agar pemerintah daerah (Pemda) memperketat penggunaan fasilitas kesehatan. Adapun Luhut menegaskan, penggunaan fasilitas seperti oksigen liquid harus difokuskan untuk pasien covid yang dirawat secara intensif.

"Oksigen liquid difokuskan untuk perawatan intensif, sementara oksigen konsentrator diberikan untuk perawatan isolasi di rumah sakit. Kemudian beberapa penambahan fasilitas di rumah sakit terutama untuk ruang ICU dan isolasi juga perlu ditambahkan,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut melalui pernyataan tertulis yang diterima MNC News Portal Indonesia, Senin (26/7/2021).



Luhut menyampaikan hal tersebut dilakukan untuk menekan laju penularan dan angka kematian, karena tidak mendapatkan perhatian khusus dan fasilitas yang memadai, khususnya pada warga yang memiliki penyakit komorbid.

“Pemerintah daerah harus memastikan kepada warga yang tidak layak untuk melakukan isolasi mandiri agar dibawa ke lokasi isolasi terpusat, dan harus ada penguatan di hulu, kapasitas respon di sektor hilir,” katanya.



Sehubungan dengan dukungan tersebut pihaknya meminta bantuan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan diharapkan dapat membantu untuk ketersediaan jumlah tenaga kesehatan.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)