Perdagangan RI-China Tak Lagi Pakai Dolar AS, Awas Ada Risikonya

Rabu, 28 Juli 2021 - 06:11 WIB
loading...
Perdagangan RI-China Tak Lagi Pakai Dolar AS, Awas Ada Risikonya
Indonesia dan China akan menggunakan mata uang rupiah-yuan dalam transaksi perdagangan, sehingga tidak lagi menggunakan dolar Amerika Serikat (AS). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indonesia dan China akan menggunakan mata uang rupiah-yuan dalam transaksi perdagangan , sehingga tidak lagi menggunakan dolar Amerika Serikat (AS). Direktur Eksekutif Next Policy Fithra Faisal mengatakan, kesepakatan kedua negara tersebut merupakan langkah strategis karena mengurangi risiko volatilitas terhadap dolar AS. Meski begitu, masih ada risiko lain yang harus diwaspadai.

"Bukan artinya volatilitas hilang sama sekali. Dengan China membuka diri, artinya dinamika yang terjadi di China akan terserap pada yuan dan juga berdampak pada Indonesia," ujarnya dalam Market Review IDX Channel.



Fithra menuturkan, mata uang yuan ini merupakan nilai tukar yang potensial karena dari ukuran ekonominya sudah meningkat secara signifikan. Pada awal tahun 2000-an, China hanya menyumbang paling banyak 10% terhadap output global.

Namun di tahun 2009, kontribusi China terhadap pertumbuhan output global bisa menyentuh 90%. "China sudah menjelma menjadi global production hub di mana di situ AS, Jepang, sangat mengandalkan jaringan produksi dari China," tuturnya.



Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan bahwa seluruh persyaratan yang dibutuhkan dalam kerja sama local currency settlement (LCS) sudah selesai. Nantinya, aturan ini tidak hanya berlaku untuk transaksi dagang antara Indonesia dan China.

Penggunaan kedua mata uang ini akan diperluas ke sektor lain seperti berbagai produk pasar uang.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)