Catat Ya, Berikut Rincian Lengkap Bobot Nilai Tes CPNS 2021

loading...
Catat Ya, Berikut Rincian Lengkap Bobot Nilai Tes CPNS 2021
Ilustrasi. FOTO/MNC Media
JAKARTA - Nilai ambang batas atau passing grade untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021 sudah keluar. Adapun sejumlah tes yang harus diikuti oleh para peserta CPNS. Analis Perencanaan Kementerian PANRB Aldita Adnan Wrisaba mengatakan tes SKD terdiri dari beberapa tes.

“Yaitu, tes wawasan kebangsaan (TWK) 30 soal, tes intelegensi umum (TIU) 35 soal, dan tes karakteristik pribadi (TKD) 45 soal,” sebutnya dalam Sosialisasi KepmenPANRB tentang Nilai Ambang Batas SKD secara virtual, dikutip Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: Bingung Dapat Lokasi Tes CPNS di Mana? Ini Jawaban BKN

Untuk bobot nilai, Aldi mengatakan TWK CPNS 2021 bobot nilainya jika benar 5, kemudian jika salah atau tidak menjawab 0 dengan nilai tertinggi 150. Lalu untuk TIU, jika benar mendapat nilai 5, jika salah atau tidak menjawab 0 maka nilai tertingginya 175.



"Terakhir, TKP ada lima tingkatan nilai kalau untuk jawaban paling sesuai 5, kemudian ada nilai 4, 3, 2, 1 kalau tidak menjawab 0, maka dengan total nilai tertinggi 225," jelas dia.

Sebagai informasi, tes TWK bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa indonesia. Sementara tes TIU dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan kemampuan verbal, numerik, dan figural. Soal yang diujikan terkait kemampuan verbal antara lain analogi, silogisme, dan analitis.

Baca Juga: BKN Jamin Keadilan dalam Tes CPNS, Segala Kecurangan Bisa Dilaporkan ke Sini

Untuk kemampuan numerik akan diuji terkait berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita. Sementara untuk kemampuan figural peserta akan berhadapan dengan soal terkait analogi, ketidaksamaan dan serial. Kemudian, tes TKP ditujukan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan anti radikalisme.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top