Dongkrak Kapasitas SDM, PT PII Kick Off Program Secondment Kemenkeu Periode II 2021

Rabu, 04 Agustus 2021 - 14:46 WIB
loading...
A A A
"Melalui secondment ini, kami berharap dapat dimunculkan pemikiran dan rekomendasi dari peserta secondment sehingga dapat meningkatkan kinerja dari masing-masing unit di Kementerian Keuangan maupun SMV Kemenkeu," ujar Kepala Biro SDM Kementerian Keuangan, Rukijo dalam sambutannya.

Tujuan dari Biro Sumber Daya Manusia Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan dalam menyusun program ini untuk para peserta adalah untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas, pengalaman, peningkatan pemahaman dan budaya kerja serta kontribusi pengetahuan dan pemahaman atas isu tertentu bagi organisasi yang bertujuan untuk transfer knowledge dan enrichment program.

Pada program Secondment ini, PT PII berperan sebagai pemberi materi dengan tema Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko. PT PII menyampaikan materi terkait proses bisnis PT PII yaitu Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha dan Penjaminan Pemerintah. Selain itu, PT PII juga akan membawakan materi terkait The APMG Public-Private Partnership Certification Program (CP3P) Foundation-Level, yang mana nanti peserta secondee akan diajak untuk mengikuti ujian sertifikasi yang akan difasilitasi Divisi IIGF Institute.



PT PII menugaskan beberapa karyawan untuk menjadi narasumber/mentor dalam program ini yang berasal dari berbagai divisi yaitu Divisi Inisiasi Bisnis, Legal and Compliance, Underwriting, Project Monitoring & Claim, Guidance and Consultations, Corporate Secretary & Communications, IT dan Human Capital.

Di samping itu, sebagai rangkaian dalam pelaksanaan program ini, PT PII juga akan mengundang narasumber dari eksternal yang dinilai expert dalam bidangnya untuk turut serta menyampaikan materi kepada seluruh peserta terutama dalam diskusi studi kasus.

Kehadiran narasumber tersebut akan berbagi pengalaman dari perwakilan beberapa instansi dalam menjalankan proyek Kerjasama Pemerintah Badan Usaha dengan area pembelajaran adalah mengenai kompetensi PPP, KPBU di Indonesia dan Penjaminan Pemerintah.

Sebagai informasi, pada program Secondment Kementerian Keuangan periode II ini, peserta berasal dari seluruh unit Eselon I Kementerian Keuangan dan SMV Kementerian Keuangan yaitu PT PII, PT SMI, LPEI, PT SMF, PT Geo Dipa dan LMAN dengan total peserta adalah sejumlah 809 orang (Secondee 600 orang & Mentor 209 0rang).

Adapun untuk program Secondment dengan sub tema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha terdapat 37 peserta dari Unit Eselon I Kementerian Keuangan yaitu Sekretariat Jenderal, DJA, DJPB, DJKN, DJPK, DJPPR, ITJEN, BKF dan BPPK.

Selain itu, juga terdapat 3 karyawan PT PII yang mengikuti pembelajaran pada beberapa unit kerja Kemenkeu dengan sub-tema yang diikuti adalah Pengelolaan Kinerja SMV dari Divisi Human Capital PT PII, Pengelolaan Teknologi Informasi dari Divisi CSP-IT, dan Pengelolaan Fiskal dari Divisi Inisiasi Bisnis PT PII.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)