Disaksikan Anies, PGN-Jakpro Kolaborasi Bangun Utilitas dan Infrastruktur Gas Bumi

Kamis, 05 Agustus 2021 - 20:11 WIB
loading...
Disaksikan Anies, PGN-Jakpro Kolaborasi Bangun Utilitas dan Infrastruktur Gas Bumi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) menyaksikan penandatangan kerja sama antara PGN dengan Jakpro. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bekerja sama dengan Jakarta Propertindo (Jakpro) beserta afiliasinya untuk menyediakan energi gas bumi dan utilitas lainnya di wilayah DKI Jakarta . Kolaborasi tersebut diawali dengan penandatanganan Head of Agreement (HOA) oleh Direktur Utama PGN M Haryo Yunianto dan Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto, serta disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Jakarta, Kamis, (05/08/2021).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memandang, penandatanganan HOA ini bukan sekadar kerja sama antara Jakpro dan PGN melainkan sebagai titik awal membangun sebuah blueprint bagaimana energi dapat didistribusikan di Jakarta dalam periode yang cukup panjang.

Anies berharap sesudah HOA ditandatangani, kemudian diwujudkan secara konkret. Menurutnya, kedua pihak harus memulai tentang roadmap ke depan bagi Jakarta, karena kebutuhan atas gas tidak bisa dipisahkan dengan energi lainnya seperti air dan listrik sebagai satu kesatuan.

“Pandanglah Jakarta sebagai suatu tempat untuk pendekatan baru dalam pengelolaan gas di sebuah kota. Jika di Jakarta sudah dilakukan, maka multiplikasi di tempat lain akan mudah. Kita juga ingin nantinya Jakarta memiliki jejaring yang luas dalam pemanfaatan energi. Bagi Jakpro dan PGN dituntaskan kerja sama ini, nanti kita juga perlu turunan-turunannya yang konkret dan segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Jakarta,” ujar Anies.



Direktur Utama PGN M Haryo Yunianto menyatakan, sinergi antara PGN dan Jakpro diharapkan dapat mewujudkan Jakarta sebagai provinsi yang ramah lingkungan dan menyediakan kemudahan akses energi yang semakin modern, aman, praktis, serta berkelanjutan.

Dalam kerja sama tersebut, PGN dan Jakpro akan menyediakan energi gas bumi untuk kawasan hunian dan komersial di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Total potensi penyaluran gas untuk hunian dan komersial adalah sebanyak 80.000 sambungan yang akan mendapatkan energi gas bumi baik melalui pengembangan jaringan pipa gas maupun menggunakan moda non pipa yaitu CNG.

PGN dan Jakpro juga akan melakukan optimalisasi terkait pekerjaan kontruksi pipa gas bumi bersamaan dengan proyek sarana jaringan utilitas terpadu maupun revitalisasi trotoar yang sedang berjalan di DKI Jakarta.



“Jakpro dan PGN akan kerja sama dalam pembangunan utilitas bersama untuk proyek yang dikerjakan Jakpro di DKI Jakarta dan sekitarnya. Kerjasama ini ditujukan untuk mendapatkan efisiensi waktu dan biaya termasuk wujud sinergi stakeholder sesuai semangat Jakarta sebagai Kota Kolaborasi,” imbuh Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)