Pesaing Tesla, Mobil Listrik Asal China Li Auto IPO di Bursa Hongkong

Kamis, 12 Agustus 2021 - 14:57 WIB
loading...
Pesaing Tesla, Mobil Listrik Asal China Li Auto IPO di Bursa Hongkong
Ilustrasi salah satu mobil listrik Li Auto. FOTO/Market Watch
A A A
JAKARTA - Li Auto perusahaan mobil listrik asal China melantai di bursa Hong Kong Kamis (12/8). Namun demikian, harga saham Li Auto tertekan usai penjualan saham perdana karena peraturan Beijing terhadap perusahaan teknologi dan industri lainnya.

Dilansir dari The Business Times, perusahaan akan mengumpulkan dana IPO US$1,5 miliar namun sahamnya merosot ke HK116,80 pada awal perdagangan, turun dari harga IPO HK$118. Li Auto menjadi salah satu dari banyak perusahaan yang melakukan IPO sekunder selama setahun terakhir karena perusahaan menjaga risiko dikeluarkan dari bursa AS.

Berdasarkan laporan South China Morning Post, mobil listrik China itu telah menetapkan harga akhir IPO Hong Kong pada HK$118 per saham. Penetapan harga akhir itu memungkinkannya untuk mengumpulkan dana HK$11,8 miliar (US$1,5 miliar), melampauiUS$1,1 miliar yang diperolehnya di bursa Nasdaqdi AS setahun yang lalu.

Baca Juga: Mundur Lagi, Produksi Tesla Cybetruck Digeser Tahun Depan

Li Auto menetapkan harga IPO Hong Kong dengan diskon 3,2 persen dari harga penutupan AS hari Kamis sebesar US$31,35, dua sumber terpisah mengatakan kepada South China Morning Post. Masing-masing saham penyimpanan Amerika (ADS) mewakili dua saham biasa.

Start-up yang berbasis di Beijing ini menerbitkan 100 juta saham kepada investor, dengan opsi penjatahan berlebih untuk menjual hingga 15 juta lebih jika ada permintaan yang cukup kuat.

Porsi ritel dari penawaran, yang ditutup untuk investor hari ini, mewakili 10 persen dari semua saham yang ditawarkan, sedangkan sisanya untuk investor internasional.
Ini akan diperdagangkan di papan utama bursa Hong Kong di bawah kode saham 2015, tahun perusahaan didirikan. Debut perdagangan dijadwalkan pada 12 Agustus

“Harga akhir ditetapkan dengan diskon tipis dari penutupan AS. Ini tidak terlalu menarik dan perdagangan debut di Hong Kong minggu depan mungkin tidak terlalu kuat,” kata Louis Tse Ming-kwong, direktur pelaksana Wealthy Securities.

Perusahaan tersebut masih merupakan perusahaan baru. Investor Hong Kong cenderung menyambut perusahaan yang lebih mapan. Bagi mereka yang ingin berinvestasi di pembuat kendaraan listrik, BYD terlihat lebih menarik. BYD, salah satu rival China daratan Li Auto, melonjak ke rekor tertinggi HK$295 pekan lalu karena investor menganggap sektor ini sebagai tempat yang aman dari tindakan keras regulasi China di sektor internet dan pendidikan.

Li Auto adalah pembuat mobil listrik China kedua yang mencari dual-primary listing di Hong Kong, setelah saingannya yang berbasis di Guangzhou, Xpeng, menyelesaikan IPO senilai US$1,8 miliar dan terdaftar di papan utama pada Juli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)