Gandeng Ikatan Alumni ITB, Pertamina Rosneft Berikan Donasi Peduli Covid

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 14:15 WIB
loading...
Gandeng Ikatan Alumni ITB, Pertamina Rosneft Berikan Donasi Peduli Covid
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagai upaya berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19, PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (Pertamina Rosneft) bekerja sama dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) meluncurkan inisiatif Pertamina Rosneft Peduli Covid-19 . Inisiatif tersebut diwujudkan melalui Bantuan Peminjaman Tabung Oksigen yang dilakukan secara daring, Selasa (10/8/2021).

Kebutuhan tabung oksigen kian krusial menyusul lonjakan permintaan di Indonesia karena semakin banyaknya pasien Covid-19 yang masuk dalam perawatan rumah sakit dengan menunjukkan gejala sedang dan berat. Per Selasa (10/8/2021) ada 448.508 kasus aktif Covid-19 di Indonesia yang menjalani perawatan, dari total kasus Covid nasional sebanyak 3.686.740.



Kondisi ini pun memicu peningkatan kebutuhan tabung oksigen. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) yang mengacu pada kondisi di China, rata-rata ada sekitar 15% pasien Covid-19 yang menunjukkan gejala berat sehingga membutuhkan terapi oksigen. Sementara itu, 5% dari mereka berada dalam kondisi kritis yang memerlukan perawatan di Unit Gawat Darurat (UGD) dengan bantuan tabung oksigen.

Presiden Direktur Pertamina Rosneft Kadek Ambara Jaya menekankan bahwa anak bangsa harus bahu-membahu dan membangkitkan semangat berbagi untuk membantu pemerintah menangani dampak pandemi yang kini masih berlarut akibat penyebaran varian delta di seluruh dunia.

“(Perkembangan situasi Covid-19) di Indonesia saat ini luar biasa. Sejak bulan Juli angka agregat kasus positif Covid-19 mencapai lebih dari 3 juta. Yang lebih menyedihkan, begitu banyak anak yatim piatu baru akibat pandemi Covid-19 ini. Kondisi tidak menentu ini seharusnya menjadi titik tolak bagi kita menumbuhkan kepribadian yang memiliki empati dan semangat saling berbagi,” tuturnya.

Untuk itu, Kadek mengucapkan apresiasi terhadap Program Bantuan Peminjaman Tabung Oksigen yang diselenggarakan oleh IA ITB sehingga dapat menjadi jalan bagi setiap orang dan perusahaan untuk berkontribusi dalam penanganan Covid-19. “Kami bersyukur bahwa teman-teman IA ITB memberikan kesempatan kepada kami untuk berbagi, dan mudah-mudahan kontribusi kami dapat meringankan beban rekan-rekan penderita Covid-19," kata dia.

IA ITB melalui Badan Penanggulangan Bencana Alam IA ITB selama pandemi Covid-19 telah menyelenggarakan beberapa program dukungan bagi masyarakat dalam menghadapi efek Covid-19, antara lain dengan peminjaman tabung oksigen, penyediaan obat-obatan, hingga vaksinasi gratis. Kerja sama Pertamina Rosneft dan IA ITB ini menjadi langkah strategis bagi Pertamina Rosneft untuk berkontribusi dalam penanggulangan Covid-19 dan secara bersamaan membina hubungan baik dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) perusahaan secara luas.



Ketua Umum IA ITB, Gembong Primadjaja dalam sambutannya menyampaikan komitmennya untuk menyalurkan bantuan Pertamina Rosneft kepada pihak yang membutuhkan. “Badan Penanggulangan Bencana Alam IA ITB telah berperan aktif dalam membantu penderita Covid-19, baik dalam bentuk tabung oksigen maupun penyediaan obat-obatan, yang dapat diminta setiap waktu kepada kami. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Rosneft atas kontribusi dan semangat berbagi yang ditunjukkan dalam kesempatan kali ini,” pungkas Gembong.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)