Rangkuman Harga Tes PCR di Dunia, Dari Mulai yang Gratis hingga Paling Mahal

Senin, 16 Agustus 2021 - 05:15 WIB
loading...
Rangkuman Harga Tes PCR di Dunia, Dari Mulai yang Gratis hingga Paling Mahal
Harga tes PCR jelas berbeda di tiap negara, mulai dari yang gratis bahkan ada yang sampai Rp4,2 juta untuk sekali tes, berikut daftarnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi arahan untuk memangkas harga tes PCR menjadi Rp450.000-Rp550.000. Dia mengaku sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin terkait harga tes PCR ini.

"Salah satu cara untuk memperbanyak testing adalah menurunkan harga tes PCR. Saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran Rp450.000-Rp550.000," katanya dalam keterangan persnya, Minggu (15/8/2021).



Harga tes PCR jelas berbeda di tiap negara, mulai dari yang gratis bahkan ada yang sampai Rp4,2 juta untuk sekali tes. Memang tes PCR Covid-19 kini jadi rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) guna mendeteksi ada atau tidaknya virus Covid-19 di tubuh seseorang.

Lalu apakah harga tes PCR baru di RI yang diumumkan Presiden Jokowi lebih murah ketimbang negara lainnya? Berikut daftar harga tes PCR di beberapa negara lain yang diolah MNC News Portal dari berbagai sumber:

1. New Zealand

Menurut situs pemerintahan New Zealand, tes PCR Covid-19 untuk warga di negaranya adalah gratis. Tes PCR yang gratis juga berlaku bukan hanya untuk warga negaranya, tapi juga berlaku untuk mereka dengan status imigrasi, kebangsaan, atau tingkat pertanggungan asuransi kesehatan masing-masing orang.

Bahkan pemerintah New Zealand menghimbau masyarakatnya, jika diminta pungutan biaya saat melakukan tes Covid-19, untuk melaporkan kepada dewan kesehatan distrik atau organisasi kesehatan primer setempat.

2. Australia

Menurut situs Kesehatan pemerintah Australia, tes PCR atau Covid-19 di negaranya gratis. Masyarakat hanya membayar untuk jasa dokter umum, jika mereka tidak menawarkan tagihan massal, tapi tesnya sendiri tidak dipungut biaya atau gratis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)