Percepat Pengembangan UMKM Industri Halal, Wapres: Perlu Sinergi dan Kolaborasi yang Kuat

Rabu, 25 Agustus 2021 - 13:40 WIB
loading...
A A A
Sinergi lainnya adalah telah disiapkan modul dasar UMKM industri halal yang disusun KNEKS dengan lima perguruan tinggi, yakni UI, IPB, ITB, Unpad, Tazkia dan Bank Syariah Indonesia University.

Sementara terkait sertifikasi halal pelaku UMKM, Maruf yakin bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dapat mengoptimalkan sinergi dengan 12 pemangku kepentingan yang ada untuk mempercepat implementasi Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) bagi pelaku UMKM.



Pada kesempatan tersebut, dia juga mengimbau pelaku UMKM industri halal bersinergi dengan kawasan industri halal (KIH) yang sudah memiliki izin di Indonesia.

"UMKM bisa mendapatkan pembinaan, dan menggunakan fasilitas-fasilitas di dalam KIH tersebut. Dengan demikian, kapasitas UMKM Industri Halal bisa meningkat dan efisiensi produksi diharapkan dapat tercapai," jelasnnya.

Dia berharap sinergi ini dapat menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia. Dia berharap sinergi ini terus dikembangkan.

“Sinergi yang dilaksanakan diharapkan tidak hanya berhenti dan terbatas sampai di sini saja, tetapi bisa dikembangkan lebih luas dengan pihak-pihak lain yang memiliki potensi, baik di dalam maupun luar negeri," pungkasnya.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)