Percepat Pengembangan UMKM Industri Halal, Wapres: Perlu Sinergi dan Kolaborasi yang Kuat

Rabu, 25 Agustus 2021 - 13:40 WIB
loading...
Percepat Pengembangan UMKM Industri Halal, Wapres: Perlu Sinergi dan Kolaborasi yang Kuat
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan bahwa perkembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah menunjukkan daya tahan yang baik di tengah kondisi pandemi Covid-19. Menurut Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah 2020 Bank Indonesia disebutkan bahwa ekonomi syariah Indonesia pada 2020 mengalami kontraksi lebih baik dibandingkan PDB nasional.

Maruf mengatakan kinerja sektor prioritas halal value chain tahun 2020 ditopang oleh sektor pertanian dan sektor makanan halal yang masih mencatat pertumbuhan positif. Meskipun memang mengalami perlambatan dibanding tahun sebelumnya.

“Perkembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah yang tetap mampu menunjukkan daya tahan di tengah kondisi pandemi Covid-19 tentu perlu mendapat perhatian dan dukungan untuk berkembang lebih maksimal dan berkontribusi dalam pemulihan perekonomian nasional," katanya pada acara “Kick Off Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal”, Rabu (25/8/2021).



Lebih lanjut dia mengatakan bahwa sebagai kunci dalam mengakselerasi ekonomi syariah, pemerintah pun mempercepat pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) industri halal. Menurutnya percepatan itu memerlukan sinergi dan kolaborasi.

“Untuk itu diperlukan sinergi dan kolaborasi yang kuat untuk mengakselerasi pengembangan UMKM industri halal. Juga, tidak kalah penting adanya kemitraan dari usaha besar yang saling menguntungkan," tegasnya.

Di sisi lain adanya perhatian besar dari banyak pihak kepada UMKM merupakan modal yang harus dioptimalkan. Sejumlah inisiatif juga telah dilakukan oleh berbagai pihak untuk membantu UMKM naik kelas. Salah satunya untuk meningkatkan penjualan, UMKM tersebut dapat bekerja sama dengan penyedia layanan pemasaran digital.

“Demikian pula guna meningkatkan kualitas operasional perusahaan maka terdapat banyak provider digital yang siap membantu UMKM," ungkapnya.

Tekrait dengan sinergi akeslerasi pengembangan UMKM industri halal ini, pemerintah membuat pilot project. Pada tahap awal terdapat 13 lembaga dan perusahaan yang telah bersinergi sebagai Sahabat UMKM Industri Halal.

"Saya sangat berharap inisiatif ini akan terus dilanjutkan dengan melibatkan lebih banyak pemangku kepentingan agar mempercepat terbentuknya ekosistem digital ekonomi syariah di Indonesia yang akan mendukung ekonomi nasional Indonesia," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)