Airlangga Puji Inovasi Kebijakan Pemda Hadapi Pandemi

Rabu, 01 September 2021 - 16:53 WIB
loading...
Airlangga Puji Inovasi Kebijakan Pemda Hadapi Pandemi
Airlangga memberi contoh dan apresiasi pada inovasi daerah yang menurutnya dapat ditiru daerah lain. Misalnya Kabupaten Kudus, berhasil menekan angka kasus Covid-19 dengan mewajibkan Isolasi Terpusat Isoter). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi (KPC-PEN), Airlangga Hartarto berharap dalam penanganan pandemi Pemerindah Daerah ( Pemda ) dapat bergerak cepat dan berinovasi dalam bentuk kebijakan yang menjadi kewenangannya, maupun program-program kerja.

Hal itu disampaikan Airlangga dalam acara Economic Talk yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam dengan tajuk “Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Inovasi Pemerintah Daerah dalam Penanganan Pandemi Covid-19” secara virtual, Selasa (31/8).



Webinarjuga diikuti oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Makassar Moh. Ramdan Pomanto, Bupati Batang Hari M. Fadhil Arief, dan Staf Khusus Wapres RI Ahmad Erani Yustika.

Airlangga memberi contoh dan apresiasi pada inovasi daerah yang menurutnya dapat ditiru daerah lain. Misalnya Kabupaten Kudus, berhasil menekan angka kasus Covid-19 dengan mewajibkan Isolasi Terpusat Isoter) ketika kasus aktif sedang pada puncaknya. Inovasi lainnya yakni aksi tanggap Pemda Kalimantan Selatan yang membantu membeli hasil panen petani untuk kemudian disumbangkan kepada masyarakat yang sedang Isolasi Mandiri (Isoman).

Kemudian, di Kota Palu terdapat Kampung Tangguh dengan Posko PPKM dan Posko Induk Kelompok Informasi Masyarakat yang didukung Duta Covid-19 untuk mengedukasi masyarakat agar taat protokol kesehatan, juga menjelaskan perihal vaksinasi, dan mendukung percepatan pelaksanaan 3T.

Kampung Tangguh ini juga menyediakan fasilitascheck pointuntuk pemeriksaan keluar masuk warga, penyediaan ruang isolasi, serta menyediakan kebutuhan pangan untuk warga terpapar Covid-19.

Kota Semarang juga ikut berinovasi dengan membebaskan PBB untuk membantu meringankan biaya pengusaha dan warga. Demikian juga Kota Makassar yang mencetuskan Program Makassar Recover untuk membangkitkan kembali kondisi masyarakat dari sisi kesehatan dan ekonomi di tengah pandemi ini.

Selain menganjurkan pelaksanaan inovasi kepada Pemda, Airlangga juga menekankan target program vaksinasi harus dicapai, agar dapat mempersiapkan diri hidup bersama dengan Covid-19 dan mengubah pandemi menjadi endemi.

Total vaksinasi yang telah diberikan hingga akhir Agustus ini sudah menembus angka lebih dari 100 juta dosis, dan secara global menempatkan Indonesia pada urutan ke-7 untuk jumlah suntikan yang telah diberikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2881 seconds (0.1#10.140)