Bekerja bak Petani Tebu, Erick Thohir: Rusak, Bukan Ahlinya

Minggu, 19 September 2021 - 17:00 WIB
loading...
Bekerja bak Petani Tebu, Erick Thohir: Rusak, Bukan Ahlinya
Erick Thohir menyatakan petani tebu tak boleh dirugikan oleh tingkat rendemen. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan kerja ke lahan tebu milik PTPN XII yang terletak di Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur pada Sabtu (18/9/2021). Erick kemudian mengunggah video kunjungannya ke akun Instagram pribadi: @erickthohir.



Dalam video itu, Erick terlihat mendengarkan dengan saksama penjelasan dari pengurus PTPN XII cara mengetahui pohon-pohon tebu yang siap dipanen. Erick juga mendengarkan petani mengenai masalah-masalah yang dihadapi, seperti masalah bibit dan pupuk.

"Mendengar langsung dari pemilik lahan dan petani, untuk meningkatkan kualitas tebu dan kesejahteraan petani," tulis Erick dalam keterangan video dikutip, Minggu (19/9/2021).

Tidak sampai di situ, Erick kemudian meminta kepada petani untuk diajarkan cara memotong pohon tebu. Erick kemudian mencoba memotong dua batang pohon tebu untuk membuang bagian yang tak dibutuhkan.

Setelah terlihat berkali-kali mencoba memutus dua batang tebu itu, Erick kemudian berseloroh. "Rusak, bukan ahlinya," kata Erick.



Dalam kesempatan itu Erick juga menegaskan, Kementerian BUMN memastikan bahwa PTPN akan menetapkan tingkatan rendemen atau kadar gula di dalam tebu tidak lagi di kisaran 4-5%. Pasalnya, kisaran itu dinilai merugikan petani tebu.

"Itu merugikan petani, paling tidak sekarang (rendemen) sudah di 8%," ucap Erick.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)