Janji Erick Thohir ke Petani Tebu: Lapor Saya jika Tahun Depan Tak Dapat Bibit Berkualitas

loading...
Janji Erick Thohir ke Petani Tebu: Lapor Saya jika Tahun Depan Tak Dapat Bibit Berkualitas
Menteri BUMN Erick Thohir dalam kunjungan kerjanya ke PT Industri Gula Glenmore (IGG) di Banyuwangi, Jawa TImur, Sabtu (18/9/2021). Foto/Ist
BANYUWANGI - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan bahwa kemajuan yang sudah berjalan di BUMN harus benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat. Terlebih bagi BUMN yang melibatkan rakyat untuk mendukung industrinya berkembang sehingga semua yang terlibat akan menikmati keuntungan yang sama.

Hal tersebut disampaikannya dalam kunjungan kerja ke Banyuwangi, Jawa TImur, Sabtu (18/9/2021). Erick meninjau PT Industri Gula Glenmore (IGG) yang dikelola PT Perkebunan Nusantara XII di lahan seluas 102,4 hektare yang terletak di Desa Karang Harjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi ini.

Baca Juga: Percepat Swasembada Gula, Erick Thohir Minta Tebu Rakyat Dilibatkan

Dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN yang didampingi Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara XII Mohammad Abdul Ghani dan mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berdialog ringan dengan para petani tebu, melakukan panen tebu dan melihat penanaman bibit tebu dari atas mesin traktor penanam tebu.



"jika perusahaan BUMN yang industrinya dekat dengan rakyat bisa maju, maka mereka juga semangat. Terlebih jika BUMN ikut mendampingi para petani tebu di Banyuwangi sehingga usaha taninya makin berkualitas dan lebih sejahtera menikmati hasil jerih payahnya," tegas Erick.

Karena itu, Erick berpesan kepada PTPN untuk meningkatkan keberpihakan pada tebu rakyat dengan cara menghilangkan permainan dalam menilai rendemen tebu milik petani, pemberian bibit unggul, dan bantuan pupuk.

"Transformasi jangan malah menyusahkan rakyat. Kemajuan PTPN saat ini harus mendorong mereka punya riset bagus sehingga bisa menghasilkan bibit kualitas yang menolong petani tebu rakyat untuk sama-sama maju. Saya janji musim tahan tahun depan, petani tebu di Jawa Timur akan dapat bibit berkualitas dari PTPN XII, jika tidak dapat silahkan lapor saya!" janjinya.

Erick juga meninjau PT Industri Gula Glenmore (IGG) yang memiliki produk gula pasir dengan nama Nusakita, yang menjadi andalan PT Perkebunan Nusantara XII di bidang agribisnis dengan komoditas utama, berupa tebu, karet, kopi, kakao, teh, kayu. Termasuk pula produk non komoditas seperti hortikultura, agrowisata, dan produk lainnya.

Baca Juga: Tiga Saksi Kubu Moeldoko di PTUN Ternyata Pilih AHY di Kongres V Demokrat
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top