3 Hari Pintu Penerbangan Asing Dibuka, Ribuan Orang Masuk RI lewat Bandara Soetta

Kamis, 23 September 2021 - 08:31 WIB
loading...
3 Hari Pintu Penerbangan Asing Dibuka, Ribuan Orang Masuk RI lewat Bandara Soetta
Angkasa Pura II atau AP II mencatat sudah ada 4.011 penumpang dari luar negeri yang masuk lewat Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Angkasa Pura II atau AP II mencatat sudah ada 4.011 penumpang dari luar negeri yang masuk lewat Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) . Semuanya dipastikan telah menjalani test PCR pada periode 19 Sampai 21 September sesuai ketentuan SE Kemenhub No.77/2021.

President Director of PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, pelaksanaan PCR bagi penumpang dari luar negeri berjalan lancar karena kolaborasi erat di antara stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta.



AP II selaku operator bandara berterima kasih atas dukungan stakeholder yakni Otoritas Bandara Wilayah I, KKP Kementerian Kesehatan, maskapai, ground handling, Satgas Udara Penanganan COVID-19, Polri, dan tentunya seluruh penumpang pesawat internasional.

Dari pelaksanaan hari pertama hingga hari ketiga (19 September - 21 September 2021), tes PCR telah dilakukan terhadap seluruh penumpang internasional yang mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang berjumlah 4.011 orang penumpang.

Adapun dari 4.011 orang penumpang pesawat dari luar negeri itu, sebanyak 1.997 orang adalah pekerja migran Indonesia (PMI) dan 2.014 orang Non-PMI.

Awaluddin juga menjelaskan, jumlah penumpang pesawat dari luar negeri sebanyak 4.011 orang penumpang dan semuanya telah menjalani tes PCR di Terminal 3 sebelum memproses keimigrasian, untuk kemudian menuju lokasi karantina.

"Tidak ada penumpang dari luar negeri yang tidak menjalani tes PCR,” sambung Muhammad Awaluddin.



Mulai 22 September 2021 dan ke depannya AP II memastikan, bahwa seluruh penumpang dari luar negeri akan menjalani tes PCR begitu mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Adapun laboratorium penyedia jasa tes PCR di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki peralatan untuk melakukan Tes Cepat Molekuler metode Real Time RT-PCR.

“Dengan hasil dapat diketahui paling lama 1 jam, maka ini sangat membantu proses tes di mana alur kedatangan internasional dapat tetap lancar dan penumpang yang baru mendarat pun tidak harus menunggu terlalu lama untuk menunggu hasil tes,” pungkas Muhammad Awaluddin.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)