Pajak Kendaraan Tertinggi di Dunia, Ini Daftar Negara Paling Sulit Beli Mobil Baru

Selasa, 28 September 2021 - 14:46 WIB
loading...
Pajak Kendaraan Tertinggi di Dunia, Ini Daftar Negara Paling Sulit Beli Mobil Baru
Pajak kendaraan tertinggi di dunia ada di Turki dan Uni Eropa. FOTO/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pajak kendaraan tertinggi di dunia ternyata ada di Turki setelah negara tersebut menetapkan pajak impor mobil yang cukup besar. Peraturan tersebut ditetapkan untuk mengerek penjualan kendaraan lokal di tengah pandemi Covid-19.

Berdasarkan keputusan Pemerintah Turki, pajak khusus kendaraan berkapasitas mesin 1,6 L dinaikkan menjadi 80% dari yang sebelumnya 60%. Selain itu, kendaraan dengan mesin berkapasitas lebih dari 2.000 cc mengalami kenaikan pajak menjadi 130% dari yang sebelumnya 100%.

Sementara, biaya untuk kendaraan di segmen premium naik signifikan menjadi 220% dari yang sebelumnya 160%. Di mana, kenaikan ini hanya berlaku untuk mobil impor dan tidak untuk mobil yang diproduksi lokal.



Selain Turki, Uni Eropa juga menjadi negara dengan pajak kendaraan tertinggi di dunia. Dikutip dari DDTC, Asosiasi Manufaktur Otomotif Eropa (ACEA) menyebutkan total pajak yang dibayar atas kepemilikan kendaraan bermotor di Uni Eropa mencapai Rp6.800 triliun setiap tahunnya.

Adapun Belgia menjadi yang paling berat menanggung beban pajak atas kepemilikan kendaraan. Di mana, setiap tahun masyarakat Belgia mengeluarkan uang rata-rata sekitar Rp55 juta untuk pembayaran pajak unit mobil.



Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 negara sulit untuk beli mobil baru karena sejumlah faktor:

1. Brasil

Alasannya karena kelangkaan tenaga kerja di sektor otomotif serta sumber bahan yang dipakai untuk membuat kendaraan menjadikan pemerintah negera terbesar di kawasan Amerika Selatan ini kenakan pajak yang tinggi buat mobil baru. Biaya perawatan di negara ini juga termasuk tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)