Kemitraan Industri Besar dan UMKM Bisa Atasi Masalah di Daerah

Rabu, 29 September 2021 - 21:45 WIB
loading...
Kemitraan Industri Besar dan UMKM Bisa Atasi Masalah di Daerah
Dalam situasi Pandemi, digitalisasi merupakan salah satu kebutuhan UMKM. Ditambah kemitraan antara industri besar dan UMKM, bisa jadi solusi untuk mengatasi beberapa masalah di daerah. Foto/Dok
A A A
BANYUMAS - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM ) menjadi salah satu sektor yang mengalami pukulan berat menghadapi situasi Pandemi. Dalam situasi tersebut, digitalisasi merupakan salah satu kebutuhan UMKM.

“Digitalisasi merupakan salah satu solusi mengatasi pemasaran produk, memunculkan permintaan pasar dan mendekati konsumen,” kata Anggota Komisi VI DPR RI, Siti Mukaromah, dalam kunjungan ke beberapa UMKM di Tegal dan Banyumas.



Pembatasan kontak fisik dan masih adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada sejumlah daerah menurut Erma dapat teratasi dengan teknologi e-commerce.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki menambahkan bahwa bahwa Kementerian mendorong kemitraan industri besar dan UMKM. Konsep kemitraan ini, tidak hanya mencakup bagaimana UMKM menjadi pemasok industri besar, tapi juga proses transfer knowledge dan mindset business, dan sebagainya.

“Mereka yang memilih di sektor UMKM adalah mereka yang tidak diterima di sektor formal. Namun, ketika membuat usaha mandiri, lalu tidak dilakukan dengan perencanaan yang baik maka hasilnya tidak akan maksimal. Sehingga harus memulainya by design,” papar Menkop UKM, Teten Masduki.

Kemitraan antara industri besar dan UMKM, menurutnya, tidak hanya mengatasi permasalahan pemasaran produk tapi juga menjadi proses dari transfer knowledge, dan mindset business.

“Kalau permasalahan di daerah adalah tenaga kerja, maka sektor ini akan mampu menjawab bagaimana UMKM menyerap tenaga kerja,” kata Teten menambahkan.

Tonjolkan Kekhasan dan Potensi Daerah

Selain digitalisasi, Erma menilai, bahwa setiap daerah harus memiliki kreaktifitas dalam menonjolkan kekhasan produk. “Wujudkan Tegal sebagai Jepangnya Indonesia. Kembangkan UMKM dengan mengadopsi perkembangan teknologi dan kesesuaian dengan permintaan pasar,” ujarnya yang disambut tepuk tangan pelaku UMKM yang hadir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)