Hantaman Krisis Listrik di China Jauh Lebih Dahsyat Dibandingkan Evergrande

Kamis, 30 September 2021 - 10:39 WIB
loading...
Hantaman Krisis Listrik di China Jauh Lebih Dahsyat Dibandingkan Evergrande
Krisis listrik di China telah mengakibatkan pabrik-pabrik tutup di seluruh negeri . FOTO/ILUSTRASI/REUTERS/TINGSHU WANG
A A A
JAKARTA - Krisis listrik di China memiliki dampak jauh lebih dahsyat dibandingkan Evergrande . Hantaman krisis listrik telah mengakibatkan pabrik-pabrik tutup di seluruh negeri sehingga ancamannya jauh lebih besar terhadap ekonomi.

Dilansir dari Reuters, Kamis (30/9) krisis listrik di China diakibatkan penerapan standar emisi yang jauh lebih ketat. Sementara permintaan listrik yang cukup besar di sektor industri dibatasi untuk memenuhi tujuan pengurangan emisi karbon.



Manajer Dana Lindung Nilai dari Water Wisdom Asset Management Yuan Yuwei mengatakan krisis listrik terjadi karena demand dan supply tidak seimbang. Krisis energi tersebut memberikan pukulan telak terhadap konsumsi dan ekonomi riil. "Ini akan membawa ekonomi China jatuh lebih cepat," kata dia.

Ada sekitar 20 provinsi telah menerapkan pemadaman listrik sejak pertengahan Agustus, termasuk pusat manufaktur Guangdong, Zhejiang dan Jiangsu, memberi tekanan pada pendapatan perusahaan. Produksi baja, aluminium dan semen, serta konstruksi infrastruktur, akan terpengaruh oleh pemadaman listrik dan pembatasan pasokan.

Baca Juga: China kepada NATO: Jangan Ikut Campur di Asia

Analis Morgan Stanley dalam sebuah laporan menyatakan dampak krisis listrik di China bisa memukul industri hilir seperti distribusi hingga otomotif. Sementara Wakil Manajer Dana Lindung Nilai Tongheng Investment Yang Tingwu kebijakan China menekan emisi karbon berita buruk bagi ekonomi secara keseluruhan dalam waktu dekat.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)