Krisis Listrik China Bikin Bisnis Asing Kabur ke Negara Lain

Kamis, 30 September 2021 - 12:36 WIB
loading...
Krisis Listrik China Bikin Bisnis Asing Kabur ke Negara Lain
Krisis listrik di China mendorong sejumlah perusahaan mengalihkan investasinya ke negara lain. Foto/Reuters/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Dalam beberapa hari terakhir, beberapa pemerintah lokal China telah membatasi penggunaan listrik, membatasi atau bahkan menghentikan produksi pabrik. Pemadaman listrik secara tiba-tiba di beberapa wilayah di China ini mendorong sejumlah perusahaan asing mengalihkan investasinya ke negara lain.

Pembatasan terbaru datang ketika negara itu menghadapi kekurangan batu bara untuk menghasilkan listrik, dan otoritas regional berada di bawah tekanan yang meningkat untuk mematuhi seruan pemerintah pusat untuk mengurangi emisi karbon.



"Beberapa perusahaan berada di ambang pintu untuk berinvestasi di China. Tapi mereka memilih untuk tidak melanjutkan sekarang," kata Johan Annell, mitra di Asia Perspective, sebuah perusahaan konsultan seperti dilansir CNBC, Kamism (30/9/2021).

Perusahaan konsultan yang bekerja terutama dengan perusahaan-perusahaan Eropa Utara yang beroperasi di Asia Timur dan Tenggara itu menyebutkan bahwa investasi asing tersebut mencapai puluhan juta dolar AS.

Kendati China masih menjadi tujuan investasi yang sangat kuat untuk manufaktur, menurut Annell, banyak bisnis sekarang beralih untuk berinvestasi di Asia Tenggara, khususnya Vietnam.

"Ketidakpastian – tidak ada yang benar-benar tahu situasi keseluruhan, bagaimana hal itu akan berkembang, bagaimana hal itu akan diterapkan (dalam) beberapa bulan mendatang di kota dan provinsi Anda," katanya, mengutip percakapan dengan sekitar 100 perusahaan.

Minggu lalu, kota-kota China dari kota-kota di pusat ekspor selatan Guangdong ke Shenyang, Ibu Kota Provinsi Timur Laut Liaoning, telah memerintahkan pembatasan penggunaan listrik dengan sedikit atau bahkan tanpa pemberitahuan. Pergerakan tiba-tiba ini telah mendorong beberapa ekonom China untuk memangkas perkiraan PDB mereka tahun ini.

Untuk diketahui, Provinsi Guangdong menghasilkan ekspor terbanyak di China, sekitar 23% dari total untuk tahun ini hingga Agustus, menurut data resmi. Provinsi Liaoning menempati urutan ke-16 dalam hal nilai ekspor, yaitu 1,6% dari total ekspor nasional. "Masalah yang lebih besar adalah bahwa ketidakpastian ini mungkin akan berlanjut untuk dua kuartal mendatang," ujar Annell.



Para pemimpin asosiasi bisnis AS dan Eropa telah mengkonfirmasi bahwa kejadian pemadaman listrik terbaru ini telah mempengaruhi keputusan investasi bisnis asing di China. "Perusahaan mengandalkan stabilitas kebijakan dan prediktabilitas," kata Matt Margulies, wakil presiden untuk operasi China di Dewan Bisnis AS-China.

"Mereka membutuhkan pemberitahuan lanjutan untuk gangguan pada pasokan listrik untuk memastikan keselamatan dan kelangsungan bisnisnya. Mereka juga perlu dikonsultasikan untuk menemukan solusi yang memenuhi kebutuhan semua pemangku kepentingan. Pendekatan satu ukuran untuk semua akan mengganggu, meningkatkan biaya, dan merusak kepercayaan di pasar," paparnya.

Sementara itu, Kementerian Perdagangan China diberitakan menunda permintaan konferensi pers mingguan yang ditetapkan pada Kamis sore.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3244 seconds (0.1#10.140)