Waspada, Banyak Praktik Penipuan Calo Seleksi Guru PPPK

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 15:04 WIB
loading...
Waspada, Banyak Praktik Penipuan Calo Seleksi Guru PPPK
BKN mengingatkan agar tidak percaya calo seleksi guru PPPK karena sistem seleksi telah bertranformasi ke digital. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di masa pelaksanaan seleksi PPPK guru saat ini begitu banyak modus-modus penipuan. Utamanya calo-calo yang menjanjikan kelulusan tanpa melalui jalur yang seharusnya.

Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa untuk pengumuman maupun penetapan nomor induk pegawai (NIP) dilakukan serba elekteronik. Dia kembali mengingatkan agar peserta tidak percaya pada calo-calo yang saat ini tengah marak. Seperti diketahui pemerintah baru saja mengumumkan hasil seleksi PPPK guru .



“Dari BKN baik pengumuman maupun pertimbangan teknis nomor induk PPPK kami menggunakan tanda tangan elektronik. Kami berharap para peserta tidak percaya pada calo-calo yang sekarang ini banyak sekali bergentayangan yang menjanjikan kelulusan peserta,” katanya saat konferensi persnya, Jumat (8/10/2021).

Dia memastikan bahwa calo tidak bisa memberikan kelulusan. Apalagi jika calo tersebut menggunakan tandatangan basah.

“Karena tidak mungkin. Kami melakukannya secara elektronik. Apalagi kalau ada tandatangan basah yang banyak beredar nama saya dan nama pak menpanrb digunakan sebagai SK palsu. Dan ini banyak skali yang terjadi. Kami berharap para peserta tes PPPK guru ini tidak percaya dengan calo-caloseperti itu,” ujarnya.



Seperti diketahui hasil seleksi PPPK guru telah diumumkan pada pukul 12.00 WIB.Dimana dari hasil seleksi tahap I ini sebanyak 173.329 peserta dinyatakan lolos seleksi dan menjadi guru dengan formasi PPPK
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3510 seconds (0.1#10.140)