Buka Kantor di Solo, Shopee Dukung UMKM dan Akan Serap 2.000 Tenaga Kerja Lokal

Senin, 11 Oktober 2021 - 16:25 WIB
loading...
Buka Kantor di Solo, Shopee Dukung UMKM dan Akan Serap 2.000 Tenaga Kerja Lokal
(Kiri dan kanan) Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja saat meresmikan Kantor Shopee Solo Surakarta, Senin (11/10/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Shopee hari ini meresmikan pembukaan kantor di Kota Solo dengan fokus untuk menyediakan dukungan berkesinambungan bagi
pertumbuhan UMKM lokal di Solo dan sekitarnya. Keberadaan Kantor Shopee Solo ini juga akan membuka lapangan pekerjaan bagi 2.000 masyarakat lokal hingga tahun 2022.

Berlokasi di Solo Paragon Mall, kantor ini menempati 2 lantai dengan luas area lebih dari 7.000 meter persegi. Pembukaan kantor di Solo ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat lokal untuk menjadi bagian dalam perusahaan teknologi berkelas dunia, tanpa perlu merantau ke kota besar.



"Kantor Shopee Solo Paragon diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah pengangguran terbuka di
Kota Solo yang mengalami kenaikan akibat dampak pandemi di tahun 2020 sebesar 90,59%. Di sisi lain, kantor Shopee Solo Paragon juga difokuskan untuk mengakomodir kebutuhan UMKM lokal yang kian berkembang, mulai dari pendaftaran, pelatihan dan juga program ekspor," ungkap Direktur Shopee Indonesia Handhika Wiguna Jahja melalui siaran pers.

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang hadir dalam pembukaan kantor ini menyampaikan apresiasinya. Gibran dalam video "Hari Baru untuk Solo" juga mengajak lebih banyak perusahaan untuk membuka kesempatan kerja bagi warga Solo.

"Kami menyambut baik pembukaan Kantor Shopee di Solo Paragon dan melihat dukungan yang diberikan Shopee bagi Kota Solo sebagai angin segar untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal, selain juga akan mendukung UMKM dengan lebih maksimal. Kini masyarakat Solo tidak perlu jauh beranjak untuk menjadi besar dan bisa tetap berada di Solo untuk
membesarkan tanah kelahiran mereka," tuturnya.

Handhika Jahja dalam kesempatan itu juga memaparkan misi #ShopeeAdaUntukSemua, khususnya dalam membangun Indonesia. "Pemulihan ekonomi Indonesia akan bergantung pada UMKM dan tenaga kerja. Jika kita dapat menciptakan peluang dan meningkatkan ketangguhan mereka, kita dapat mencegah terjadinya pengurangan tenaga kerja yang lebih besar dan membantu membangkitkan kembali ekonomi negeri," tandasnya.



Handhika menegaskan, Shopee akan memfokuskan kantor ini untuk memberikan dukungan bagi UMKM lokal, sejalan dengan antusiasme UMKM lokal untuk masuk dalam ekosistem Shopee.

Kantor Shopee Solo Paragon ini menurutnya menjawab 2 tantangan sekaligus, dan diharapkan dapat membawa lebih banyak orang ke dalam ekosistem ekonomi digital yang kian berkembang, demi pertumbuhan ekonomi daerah. Setelah meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo pada Mei 2021 lalu, Shopee sudah membantu lebih dari 6.500 UMKM lokal ambil bagian dalam Program Ekspor Shopee, dari target 10.000 UMKM ekspor asal Solo yang akan dicapai hingga akhir tahun ini.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)